Jadi Tersangka, 8 Pemuda Pemerkosa Remaja 17 Tahun di Kepulauan Sula Ditahan

oleh -138 views

Porostimur.com, Sanana – Delapan pemuda di Kapulauan Sula pelaku pemerkosaan terhadap remaja putri 17 tahun (LU) resmi ditetapkan sebagai tersangka. Mereka antara lain, IS (19), AB (18), IS (21), IU (20), DU (15) JS (20), RS (19) dan BT (19).

Kapolres Kepsul AKBP Kodrat Muh. Hartanto, melalui Kasat Reskrim AKP Abu Zubair Latupono, mengatakan, pihaknya telah menetapkan delapan orang pelaku sebagai tersangka dalam kasus pemerkosaan LU, remaja 17 tahun di Desa Waiboga, Kecamatan Sulabesi Tengah pada Selasa 16 Januari 2024 lalu.

Para pelaku kata Latupono sudah ditahan pada Jumat 19 Januari pekan kemarin.

“Para pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sekarang sudah ditahan di Polres,” kata AKP Abu Zubair Latupono, Senin (22/1/2024).

Latupono bilang delapan orang tersangka dalam kasus tersebut dijerat pasal 82 ayat 1 dan pasal 81 ayat 1 dan 2 tentang perlindungan anak. 

“Untuk hukumannya paling cepat 5 tahun penjara dan paling lama 15 tahun penjara,” katanya.

Latupono menjelaskan, berkas kedelapan tersangka tersebut, akan dilengkapi untuk selanjutnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanana.

“Nanti kita dilengkapi berkas baru dilimpahkan ke Kejaksaan,” tukasnya.

Zubair Latupono menambahkan, dari delapan orang tersangka, satu di antaranya masih berstatus pelajar. Terkait hal ini, Abu mengatakan, untuk pelaku berinisial DU (15) yang berstatus sebagai pelajar, menjadi tahanan wajib lapor.

“Kalau yang statusnya siswa itu wajib lapor,” pungkasnya. (Jamil Gaus)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.