Kakanwil Kemenkumham Malut Ingatkan Integritas dan Loyalitas Profesional

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara, M Adnan mendorong kepada seluruh jajaran Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk dapat meningkatkan integritas dan loyalitas dalam menjalankan tugas khususnya dalam momentum pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kakanwil M Adnan menyampaikan hal tersebut saat memberikan pengarahan dan penguatan kepada jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Weda, didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Raymond J.H. Takasenseran, Kadiv Pemasyarakatan, Teguh Wibowo, Kepala Bagian Umum, M. Kasim Umasangadji, Kepala Rutan Kelas IIB Weda, Supriyanto, dan para Pejabat Administrasi Kanwil dan Rutan Weda, bertempat di pendopo Rutan Weda, Kamis (15/04/2021).

“Integritas dan loyalitas harus dapat dilakukan secara profesional. Bapak Ibu harus mampu untuk meningkatkan hal itu,” ujar Kakanwil M Adnan dalam pertemuan dengan menerapkan protokol kesehatan itu.

Kakanwil dan Pimpinan Tinggi Pratama beserta rombongan mengawali pertemuan dengan memantau kondisi blok Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), ruang pelayanan, produk kerajinan WBP, dan tempat ibadah. Selanjutnya Kakanwil dan Pimti memberikan pengarahan di hadapan seluruh jajaran Rutan Weda.

Link Banner

Dalam pengarahannya Kakanwil menyampaikan beberapa garis besar penguatan pelaksanaan tugas, di antaranya pentingnya pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Bencana pada seluruh Satuan Kerja (Satker) khususnya dalam menghadapi kondisi alam yang kurang bersahabat beberapa pekan terakhir.

Baca Juga  5 Atlet Perempuan yang Kerap Jadi Perhatian Kaum Adam

“Satgas Bencana tidak hanya formalitas belaka. Namun Satgas Bencana harus dapat berperan aktif dalam mengantisipasi potensi bencana. Saya mengapresiasi adanya jalur bencana pada Rutan Weda. Ini harus dilakukan oleh semua satker,” tegas M Adnan.

Selanjutnya, Kakanwil meminta keseriusan jajaran Rutan Kelas IIB Weda dalam pembangunan ZI menuju WBK & WBBM. Menurutnya, pelaksanaan pembangunan zona integritas yang telah dilaksanakan jajaran Rutan Weda harus dapat diikuti dengan kelengkapan data dukung yang diupload pada aplikasi erb.kemenkumham.go.id.

“Komponen pengungkit jika tidak semua terpenuhi mengakibatkan presentase tidak mencapai batas minimal sesuai ketentuan saat penilaian. Saya ingatkan agar tetap penuhi data dukung WBK pada aplikasi erb.kemenkumham.go.id meskipun belum sempat diusulkan pada tahun 2021 ini,” kata M Adnan.

Baca Juga  DPD II Golkar Halbar Gelar Musda ke V

Selain itu, Kakanwil M Adnan mengapresiasi jajaran Rutan Weda dalam kerapian berpakaian dinas sesuai ketentuan. Pada aspek pengelolaan administrasi pada Rutan Weda sudah bagus. Namun menurut Kakanwil masih terdapat beberapa hal yang harus dievaluasi dan diinisiasi untuk perbaikan kedepan.

Pada kesempatan yang sama, Kadiv Pemasyarakatan, Teguh Wibowo memberikan pengarahan terkait program pembinaan WBP khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Dalamnya laut bisa kita tahu. Tapi hati manusia kita tidak tahu. Seperti yang disampaikan Kakanwil, bukan kuantitas namun kualitas yang harus dilihat. Begitu juga dalam menjaga keamanan pada Rutan Weda. Kewaspadaan harus tetap menjadi perhatian,” pesan Teguh Wibowo.

Tak lupa, Kadivpas mengingatkan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan agar dapat terus meningkatkan kompetensi SDM pegawai dengan terus mempelajari dan memahami peraturan-peraturan terbaru.

Selanjutnya, Kadiv Administrasi, Raymond J.H Takasenseran menyampaikan perihal tugas fasilitatif-administratif baik tugas Kepegawaian, Pengelolaan Keuangan dan BMN, perencanaan anggaran, kehumasan dan reformasi birokrasi.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 3.6 Guncang Pulau Ambon Tadi Subuh

“Dalam pengelolaan absensi pegawai harus terus diisi jurnal harian di Simpeg. Jurnal harian akan berdampak pada tunjangan kinerja yang diperoleh,” tutur Raymond.

Kadivmin juga mengingatkan agar dapat menjalankan perintah Kakanwil terkait integritas dan loyalitas. Ia mengingatkan kepada seluruh pegawai agar menjaga loyalitas secara profesional, terutama bagi pegawai baru.

Kepala Rutan Weda, Supriyanto menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Kakanwil dan Pimti atas penguatan yang diberikan. Supriyanto menambahkan, baru kali ini Rutan Weda dikunjungi secara lengkap oleh Kakanwil dan Pimti beserta pejabat administrator dan pelaksana pada semua bidang.

Di akhir pengarahannya, Kakanwil mengajak agar momentum bulan suci Ramadhan 1442 H ini menjadi kesempatan dalam beramal dan berbuat baik.

“Semoga dalam bulan puasa Ramadhan ini kita dapat diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga kita mampu menjalankan ibadah puasa dengan baik dan mampu beramal sebanyak-banyaknya. Mohon maaf lahir dan batin,” tutup Kakanwil mengakhiri pengarahan. (sarjan)