Kodam Pattimura uluri Suku Mausu Ane di Seram Utara Timur

oleh -61 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Suku pedalaman di hutan Seram, Gunung Morkelle, Kecamatan Seram Utara Timur, Kabupaten Maluku Tengah, Suku Mausu Ane, menerima bantuan kemanusiaan dari Kodam XVI/Pattimura.

Suku Mausu Ane ini merupakan salah satu suku yang mendiami bagian hutan Pulau Seram, tepatnya bagian utara ini, sebelumnya dikabarkan menderita musibah kelaparan.

Guna meringankan beban sesama, Kodam XVI/Pattimura pun mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui Koramil 1502-05/Wahai.

Link Banner

Informasi yang diterima wartawan dari Penerangan Kodam (Pendam) XVI/Pattimura, Rabu (25/7), menyebutkan Komandan Daerah Militer (Danramil) 1502-05/Wahai, Kapten (Cba) La Ode Maaruf, memimpin 8 orang anggotanya menyerahkan bantuan dimaksud di Camp sekitar Dusun Siahari Negeri Maneo Rendah, Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Malteng, Selasa (24/07).

Dalam keterangannya, Maaruf menjelaskan bantuan kemanusiaan dimaksudkan untuk membantu mengurangi beban hidup masyarakat Suku Mausu Ane yang sedang dilanda musibah kelaparan.

”Selain bantuan berupa makanan, Kodam XVI/Pattimura  juga mengirimkan obat-obatan dan sembako bagi warga di daerah terpencil suku Mausu Ane ” ujarnya.

Baca Juga  Lanyalla Lantik Anggota PAW DPD Asal Maluku Utara

Menurutnya, usai menerima informasi tentang musibah kemanusiaan yang dialami Suku Mausu Ane itu, pihaknya pun langsung bergerak menuju kediaman suku dimaksud.

Meski hanya membawa bantuan yang bersifat sementara, akunya, pihaknya berhasil menemui 3 Kepala Keluarga (KK) dari suku terseut seraya menyerahkan bantuan dimaksud.

Tak lupa, diajaknya masyarakat Suku Mausu Ane untuk mau turun dan terbuka menerima bantuan-bantuan yang mulai berdatangan baik dari Pemerintah, TNI-Polri maupun pihak lainnya yang bisa diterima langsung oleh mereka.

Selain itu, uluran tangan dari Kodam XVI/Pattimura tidak hanya terhenti di situ.

Hari ini Rabu (25/7), Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1502/Masohi, Mayor (Inf) Adi Eka Jaya, didampingi tenaga medis Bintara Kesehatan Kesdam XVI/Pattimura, Srd Agus Teguh, para Babinsa Koramil 1502-05/Wahai serta 5 orang anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXV Kodim 1502/Masohi Koramil 1502-05/Wahai, juga berkesempatan mengunjungi lokasi pengungsian sementara Suku Mausu Ane, di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kec Seram Utara Timur Kobi, Maluku Tengah, sekitar pukul 09.00 Wit.

Baca Juga  Kepulauan Maluku, Negeri Tanah Goyang dan Air Turun Naik

Rombongan ini didampingi Kepala Dusun (Kadus) Siahari, Anton Kattipana.

Rombongan hari kedua ini juga tiba dengan maksud yang sama yakni menyerahkan bantuan logistik dari Kodam XVI/Pattimura.

Dimana, abntuan dimaksud diberikan kepada perwakilan sekaligus penerjemah Suku Mausu Ane, Ruben Halimuri.

Mengatasnamakan Suku Mausu Ane, Halimuri menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang diberikan Kodam XVI/Pattimura ini.

”Selama ini kami merasakan belum pernah ada bantuan seperti ini, Kami selaku warga suku Mausu Ane tidak dapat memberikan apa-apa untuk membalas kebaikan Kodam XVI/Pattimura kami hanya bisa memberikan doa untuk Kodam XVI/Pattimura semoga tetap sukses dalam melaksanakan tugas Negara,” tegasnya.

Sementara Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI/Pattimura, Kolonel (Arm) Sarkistan Sihaloho, dalam keterangannya menjelaskan bahwa langkah-langkah tim medis Kodam XVI/Pattimura di lokasi yakni segera melakukan pemerikasaan dan pengobatan kepada salah satu warga suku Mausu Ane, Piter Ipana (38).

Baca Juga  5 Pendaki Gunung Cantik yang Buktikan Wanita Itu Tangguh dan Kuat

Ipana sendiri, tegasnya, mengalami penyakit muntaber akibat mengkomsumsi air sungai yang tidak layak konsumsi, sehingga wajib diberikan penanganan medis secara cepat dan obat-obatan.

Ditambahkannya, Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto juga dijadwalkan akan mengunjungi lokasi dimaksud menggunakan helikopter, Kamis (26/7).

”Bekangdam XVI/Pattimura sore ini telah mengirimkan 47 paket sembako dengan menggunakan kapal cepat menuju Kota Masohi untuk ditindaklanjuti dengan perjalanan darat menuju lokasi. Rencananya besok pagi, Kodam XVI/Pattimura akan mengirim sisanya menggunakan heli bersama dengan Pangdam XVI/Pattimura yang akan menyambangi langsung lokasi dimana suku tersebut berada,” pungkasnya. (pt-21)