Kota Hantu Terus Bermunculan di Meksiko karena Kekejaman Kartel Narkoba

oleh -32 views
Kota hantu terus bermunculan di Meksiko karena anggota kartel kerap bertindak kejam. Foto/Reuters

Porostimur.com, New Mexico – Ribuan penduduk meninggalkan kota kecil Tila di Meksiko, melarikan diri dari pengepungan intensif selama tiga hari yang dilakukan oleh orang-orang bersenjata lengkap. Itu menjadikan Tila menjadi kota hantu, dan masih terlalu takut.

Warga kota tersebut juga takut kembali ke rumah mereka meskipun pasukan pemerintah sudah berpatroli di jalan-jalan yang kosong. “Sepanjang malam kami mendengarkan peluru lewat,” kata Maria, seorang penduduk kota Tila di Meksiko selatan, sekitar 230 km dari ibu kota negara bagian Chiapas, Tuxtla Gutierrez, dilansir Reuters.

Pada malam tanggal 4 Juni, puluhan pria bersenjata lengkap tiba di Tila dengan truk dan mulai menembaki rumah-rumah, tempat usaha, dan membakar gedung-gedung, kata para saksi mata kepada Reuters.

Baca Juga  Kemendikbud Ristek Resmi Hapus Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di Semua SMA

Seorang pria yang tidak menyebutkan identitas dirinya karena alasan keamanan mengatakan orang-orang bersenjata kembali keesokan harinya dengan senjata kaliber tinggi dan pakaian militer.

Kekerasan di Tila berlangsung selama tiga hari hingga tanggal 7 Juni, ketika tentara tiba. Pihak berwenang negara bagian mengatakan sekitar 5.000 tentara telah dikerahkan ke daerah tersebut dan enam tersangka ditahan.

Seluruh penduduk Tila, sekitar 4.000 orang, meninggalkan rumah mereka, beberapa diantaranya naik bus pemerintah ke tempat penampungan terdekat, di mana banyak di antara mereka yang masih tinggal hingga saat ini, tidur di atas tikar di tanah.

No More Posts Available.

No more pages to load.