Lounching Warung KTN Sagu dan Pelayanan Mobile Presisi, Kapolda Maluku Apresiasi Polresta Ambon

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease kembali melounching Warung Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Sagu dan Pelayanan Mobile Presisi di Pantai Natsepa, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon, Kamis (18/3/2021).

Dua program Polresta Ambon sekaligus ini dilounching oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, dan Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri. Lounching ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penyiraman air dari kendi.

Uutuk diketahui, air dalam kendi yang dipakai menyiram mobil pelayanan mobile Presisi diambil dari Pulau Ambon, Haruku, Saparua, dan Seram, sebagai simbol wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Sebelum penekanan tombol sirine, Gubernur dan Kapolda terlebih dahulu mengalungkan kain khas Maluku dan Topi kepada perwakilan juru parkir dan penjual rujak di pantai Natsepa, salah satu lokasi pariwisata di Maluku tersebut.

“Sekali lagi Saya menyampaikan apresiasi kepada Kapolresta, Wakapolresta, segenap pejabatnya dan semua perkuatan yang ada pada jajaran Polresta Ambon. Mereka betul-betul sudah berkontribusi melakukan segala upaya tindak lanjut atas kebijakan Kapolri khususnya dalam 100 hari pertama beliau melaksanakan tugas,” kata Kapolda dalam sambutannya.

Menurutnya, tugas Kepolisian Negara Repoblik Indonesia, adalah menciptakan, serta memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Tugas Polri juga bagaimana meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal apa saja.

“Tugas Polri juga bagaimana kita menegakan hukum yang transparan dan berkeadilan. Itu semua sudah dilakukan,” terangnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini mengaku, untuk pencapaian optimal, diperlukan sejumlah terobosan baru yang kreatif.

Baca Juga  Kapolda Maluku Pimpin Sertijab Dirlantas, Kabidkeu dan Kapolres MBD

“Kapolresta bersama semua pejabat di daerah dan stakeholder, dukungan TNI, Kepala Desa dan semua perangkatnya sudah melaksanakan itu dengan baik,” salutnya.

“Justru itu, Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada unsur TNI yang sudah bersama dengan Polri melakukan itu semua,” jelasnya.

Orang nomor 1 Polri di Maluku ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Kepala Desa, Camat, yang senantiasa berada di garis terdepan dalam membangun KTN.

“Terima kasih kepada Kepala Desa, Para Camat. Mereka juga sudah merawat KTN ini sehingga betul-betul dirasakan semua lapisan,” ujarnya.

Program KTN yang telah dilounching meliputi ketangguhan kesehatan, keamanan, sosial ekonomi dan lain sebagainya.

“Bahkan kemarin saya sudah meminta agar kampung tangguh itu juga harus bebas dari narkotika. Karena narkotika dapat merusak generasi bangsa,” pintanya.

Kapolda menginginkan program-program berkelanjutan terlaksana dengan baik. Dengan senantiasa mengevaluasi setiap kegiatan. Sehingga dari hari ke hari program yang dilakukan selalu berkualitas.

“Ucapan terima kasih khusus juga Saya sampaikan kepada Direktur Pegadaian, BRI, dan Mandiri, serta Adira yang telah berkontribusi signifikan terhadap terselanggaranya kegiatan hari ini,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail memberikan apresiasi kepada Kapolda dan Kapolresta Ambon yang telah memberikan kemajuan dalam melaksanakan Kampung Tangguh di wilayah hukumnya.

“Kami berharap dapat berkolaborasi dalam mendukung setiap pembangunan di Maluku. Kami juga harap dapat memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” pintanya.

Mantan Dankor Brimob Polri ini berharap dengan adanya program Kampung Tangguh dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

Baca Juga  Fahri Hamzah: UU Cipta Kerja Diadopsi dari Sistem Komunis China

“Dan warung kampung tangguh bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang dalam sambutannya mengungkapkan, lounching hari ini dilakukan agar pelayanan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease dapat lebih cepat, mudah dan transparan dengan prosedur sederhana yang dibuat dalam satu atap.

Tujuan lainnya, kata mantan Kapolres Pulau Buru ini, agar dapat memberikan pelayanan cepat, mudah, transparan, bersifat mobile atau dapat berpindah-pindah dan terintegrasi dalam satu atap.

Selain itu, juga bisa melayani pelayanan deleveri atau diantar oleh personil Bhabinkamtibmas. Ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Juga agar memudahkan masyarakat dalam pembuatan SIM baru untuk registrasi, perpanjangan SIM, pembuatan dan perpanjangan SKCK, pembuatan laporan polisi dan penerbitan surat keterangan hilang serta layanan kepolisian lainnya,” jelasnya.

Kegiatan hari ini, lanjut Kapolresta, sebagai lanjutan dari pengembangan KTN. Khusus di wilayah hukum Polresta Ambon memilih nama KTN SAGu.

“Kata Sagu memiliki arti Sehat, Aman, Gotongroyong dan Unggul. Ini slogan yang kami gunakan untuk Program Kampung Tangguh Nusantara,” jelasnya.

Tujuan program KTN Sagu ini juga untuk menjalin kemitraan antara Polri dengan masyarakat. Memberikan pembinaan kepada masyarakat sebagai mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk pembinaan kepada masyarakat untuk memberikan kesadaran masyarakat dan disiplin hidup sehat dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah Covid-19,” ungkapnya.

Kapolresta berharap dalam program ini bisa menghasilkan terbangunnya KTN di wilayah hukum Polresta Ambon. Yaitu dua wilayah administrasif yakni Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.

Baca Juga  Sartini Wally, Pahlawan Lingkungan dari Kota Ambon

“Untuk di Kota Ambon, Alhamdulillah pada tanggal 19 Februari telah dinyatakan selesai 50 Negeri/Desa, Kelurahan sudah menjadi KTN. Dan satu-satunya di Maluku sebagai daerah lengkap dalam program KTN,” terangnya.

Program KTN saat ini juga dilanjutkan untuk 56 Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Maluku Tengah pada 16 Maret 2021 kemarin seluruhnya sudah selesai dibentuk KTN.

“Dengan terbentuknya 106 Kampung Tangguh, tentunya kami dari Polresta terus melakukan terobosan inovasi, salah satunya yang sedang kita lounching yaitu Warung KTN Sagu,” katanya.

Warung KTN Sagu yang dilounching hari ini, kata Leo, merupakan inisiatif dan arahan dari Kapolda Maluku. Kapolda meminta agar dapat membuatkan contoh Warung Tangguh di dunia pariwisata. Di mana protokol kesehatan tetap menjadi prioritas utama.

“Sehingga hari ini Warung Tangguh Nusantara Sagu di rujak Natsepa ini dapat di lounching oleh bapak Gubernur,” tandasnya.

Dalam kegiatan itu, turut hadir Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal. Kedua pimpinan pemerintahan di wilayah hukum Polresta Ambon ini menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi terhadap lounching Warung KTN Sagu dan Pelayanan Mobile Presisi.

Turut hadir dalam kegiatan, Komandan Lantamal XI/Ambon, para pejabat utama Polda Maluku, sejumlah pejabat di jajaran Kodam XVI/Pattimura, Polresta Ambon dan Forkopimda lainnya. (valen)