Maluku Tenggara 6 Kali Berturut-turut Raih Predikat WTP Dari BPK

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020.

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Maluku, Muhammad Abidin, dalam acara penyerahan dan penerimaan laporan hasil keuangan (LHK) yang digelar secara virtual, Senin (31/5/2021) kemarin.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kabupaten Maluku Tenggara yang telah mempertahankan opini WTP selama enam tahun berturut-turut,” ucap Abidin seperti dilansir dari kumparan.com.

Capaian tersebut telah dipertahankan selama enam tahun berturut-turut terhitung sejak tahun 2015.

Abidin membeberkan empat indikator bagaimana laporan keuangan hingga membentuk suatu opini yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran sajian laporan keuangan.

Baca Juga  Kepengurusan JMSI Provinsi Maluku Resmi Terbentuk

Empat indikator tersebut adalah kesesuaian penyajian dengan standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan kecukupan pengungkapan informasi di laporan dilakukan secara jelas dan detail.

Abidin menambahkan, BPK telah selesai melaksanakan pemeriksaan terhadap LKPD Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2020. Pemeriksaan tersebut terdiri atas neraca per 31 Desember 2020, laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan egritas yang berakhir pada tanggal tahun tersebut dan catatan atas laporan keuangan.

Mendengar pencapaian ini Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun, Ketua DPRD Minduchri Koedoeboen, serta seluruh jajaran Pemkab Malra yang hadir saat itu pun bertepuk tangan.

Baca Juga  Ini Kuliner Wajib Saat Berkunjung ke Maluku Tenggara

Bupati Hanubun mengatakan, pencapaian ini tidak bisa dianggap sederhana karena merupakan konsistensi Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dalam menata dan memperbaiki pengelolaan keuangan daerah.

“Enam kali berturut-turut (mendapat WTP) itu bukan sesuatu yang mudah. Pemerintahan sebelumnya mendapatkan 3 kali dan pemerintahan saat ini 3 kali juga, jadi sudah enam kali,” tukas Thaher Hanubun di Aula Kantor Bupati Malra, Senin (31/5).

Ia menginginkan raihan WTP beruntun ini masih bisa terus dipertahankan hingga masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Petrus Beruatwarin berakhir. Thaher menyampaikan apresiasi bagi semua pihak, dalam hal ini tim pengelola keuangan, pejabat dan staf lingkup Pemkab Malra, termasuk DPRD.

“Terima kasih bagi semua pihak yang telah membantu memberikan data atau dokumen sehingga proses pemeriksaan BPK dapat berjalan aman, lancar dan baik,” ujar Thaher.

Baca Juga  Jelang Idul Fitri, DKPP Malra Gelar Pasar Daging Sapi Murah

Selain Kabupaten Maluku Tenggara, opini WTP dari BPK terhadap LKPD tahun 2020 turut diberikan kepada Pemerintah Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Buru.

(red/kumparan)

No More Posts Available.

No more pages to load.