Maluku Utara Bakudapa Jawa Barat, Grup B Jadi Grup Neraka

oleh -251 views
Link Banner

Porostimur.com – Timika: Pengundian untuk cabang olahraga (cabor) futsal PON XX Papua sudah dilaksanakan di Timika, Selasa (14/9/2021). Pengundian untuk pembagian grup ini berlangsung secara virtual bagi perwakilan provinsi peserta. 

Selain pertemuan antara Jawa Barat dengan Maluku Utara di Grup B, ada juga kejutan lain. Di Grup B juga bergabung dua tim lain yang mempunyai sejarah prestasi futsal superior, yakni Jawa Timur (Peringkat 3 PON XIX 2016) dan Sulawesi Selatan (Runner-Up FFI Championship 2017).

Di Grup B, tim futsal Banten berpotensi menjadi kuda hitam. Ini menjadi penampilan perdana mereka pada putaran final cabor futsal PON Papua.

Pelatih Kepala tim futsal Banten, Affri Afdalah, mengatakan ia tidak ambil pusing perihal tim asuhannya yang tergabung di grup maut tersebut.  Ia dan tim hanya ingin fokus menghadapi setiap tim lawan di Grup B yang menurutnya mempunyai kekuatan yang sama.

“Yang jelas di grup ini adalah tim yang terbaik dengan segala persiapannya. Tidak bisa diukur siapa yang harus diwaspadai. Semua tim yang bermain di PON adalah tim terbaik” ungkap Affri.

Baca Juga  Polsek Bacan Timur Amankan Ribuan Botol "Cap Tikus" dari Atas KM Sinabung

Di Grup A, selain tim tuan rumah Papua, ada Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat dan Kepulauan Riau.

Pelatih kepala tim PON Kepulauan Riau, Aris Pratama menanggapi hasil undian ini sebagai  peluang bagi timnya untuk berprestasi di keikutsertaan pertama mereka di ajang multievent sekelas PON XX Papua.

Meski tergabung di grup yang dinilai lebih mudah, menurutnya seluruh tim adalah tim terbaik karena sebelumnya sudah disaring melalui babak kualifikasi. 

“Karena setiap tim yang lolos adalah tim terbaik dari fase Pra PON maka semua tim sama kekuatannya menurut saya. Jadi setiap pertandingannya kita anggap sebagai final. Begitu halnya lawan yang akan kita hadapi di Grup A, saya pikir mempunyai kekuatan yang berimbang dengan tim-tim yang berada di Grup B” ungkap Aris.

Baca Juga  Pemkot Ternate Akan Validasi Piutang Rekening Air di PDAM

Berikut adalah pembagian Grup

Grup A:
Papua
Sumatera Utara
Kepulauan Riau
Kalimantan Barat
Nusa Tenggara Barat

Grup B:
Jawa Barat
Banten
Sulawesi Selatan
Maluku Utara
Jawa Timur

(red)