Menengok Pesona Hatusaka, Gua Terdalam di Perut Nusa Ina

oleh -121 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bagi Anda yang hobi berpetualang, menjelajah gua dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun, sudah tahukah Anda jika gua terdalam di Indonesia ada di Maluku?

Gua terdalam itu bernama Hatusaka. Gua tersebut berada di Taman Nasional Manusela, sebuah kawasan konservasi di Maluku Tengah.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Gua Hatusaka memiliki kedalaman 424 meter dari bibir gua.

Nama Hatusaka sendiri berasal dari kata Hatu yang berarti batu atau gunung, serta kata Saka yang berarti Pusaka.

Jika digabungkan, nama gua ini dapat diartikan sebagai gunung pusaka.

Dilihat dari atas, gua Hatusaka akan tampak bagai jurang yang ditumbuhi tanaman dan lumut kehijauan di sisi kanan-kirinya. Kabut pun terkadang akan terlihat di leher gua ini.

Baca Juga  Murad: Angkat Maluku dari garis kemiskinan

Tak hanya itu, Gua Hatusaka pun tergolong susah untuk dieksplorasi. Seringnya, tim eksplorasi akan gagal karena banjir dalam gua.

Menurut unggahan Instagram TN Manusela, Gua Hatusaka pertama dijelajahi oleh tim ekspedisi dari Amerika, Inggris, Prancis, dan Australia.

Saat itu, mereka hendak melakukan ekspedisi di tahun 1996, tetapi gagal. Barulah di 1998, mereka berhasil tiba di dasar gua.

Ekspedisi berikutnya dilakukan oleh tim ASC Jogja pada 2011. Namun, mereka gagal karena terhalang banjir di kedalaman -190 meter.

Sehingga, gelar tim ekspedisi kedua yang berhasil mencapai dasar terpaksa diberikan pada tim dari Italia pada tahun 2016 silam.

Barulah pada 6 Agustus 2018, tim dari Indonesia berhasil mencapai dasar Gua Hatusaka.

Baca Juga  Wakapolri Apresiasi Kinerja Polda Maluku

Saat itu, Taman Nasional Manusela bergabung dengan Acintyacunyata Speleological Club (ASC) yang merupakan perkumpulan penjelajah gua Indonesia.

Dari ekspedisi itulah, diketahui jika kedalaman gua adalah 424 meter.

Tak hanya itu, tim ekspedisi juga mengumpulkan data mengenai luas ruangan, flora-fauna yang ada, hingga karakter gua Hatusaka lainnya.

Karena kedalamannya dan medannya yang sulit, tidak heran Gua Hatusaka pun menjadi salah satu destinasi yang masih tak terjamah.

Meski demikian, tak bisa dipungkiri jika keindahan Gua Hatusaka merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang harus dijaga dan terus ditelusuri. (red/rtl/suara)

View this post on Instagram

"Menjejak Dasar Goa Terdalam Di Indonesia" Taman Nasional Manusela memiliki obyek alam fenomenal yakni Gua Hatusaka, gua vertikal terdalam di Indonesia saat ini, berada di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, dijelajahi dan dipetakan pertama kali oleh tim ekspedisi goa gabungan dari Amerika, Inggris, Perancis dan Australia tahun 1996, namun gagal, baru berhasil mencapai dasar goa pada tahun 1998. Pada tahun 2011, @ASC.jogja melakukan percobaan pertama melalui kegiatan Ekspedisi Speleologi Seram. Upaya ini terhenti di kedalaman -190 m karena air sungai membanjiri lorong goa. Tim ekpedisi goa dari Italia pada tahun 2016 berhasil sebagai tim kedua yang mencapai dasar, dipimpin oleh Andrea Benassi ini juga memetakan satu segmen lorong goa. Termotivasi oleh keberhasilan tim Italia, tahun 2017 Mapala UI melakukan upaya mencapai dasar, namun gagal di kedalaman -220 karena banjir memasuki lorong goa. Fakta bahwa ekspedisi sebelumnya belum banyak mengungkap data dan informasi mengenai karateristik lain dari Gua Hatusaka, menggerakkan Balai Taman Nasional Manusela melakukan ekspedisi guna mengungkap potensi gua lebih lengkap. Selain itu, misi terpenting dari ekspedisi ini adalah menjejakkan orang Indonesia pertama di dasar goa terdalam di negeri ini, dengan menggandeng Acintyacunyata Speleological Club (ASC), perkumpulan penjelajah gua ternama di negeri ini. Tanggal 6 Agustus 2018, Tim berhasil menjadi tim Indonesia pertama yang mencapai dasar Goa Hatusaka, juga berhasil memutakhirkan data mengenai kedalaman total dan luas ruangan di dasar goa serta tentang flora-fauna dan karakter lainnya. Berdasarkan hasil pengukuran terkini, kedalaman gua mencapai 424 m, sedikit lebih dalam dari angka yang diacu selama ini. Keberhasilan ini menjadi hadiah BTN Manusela dan ASC untuk HUT Kemerdekaan RI ke 73 dan sekaligus memberi bukti sejarah bahwa anak bangsa ini mampu bersaing dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. #klhk #kemenlhk #ksdae #tamannasional #nationalpark #ayoketamannasional #manusela #tamannasionalmanusela #manuselanationalpark #guahatusaka #pulauseram #seramisland #speleologi #konservasi #konservasi_ksdae #forest #fathinhanana #jaguargiring

A post shared by Taman Nasional Manusela (@tnmanusela) on