Mengapa Iduladha di Indonesia Berbeda dengan Arab Saudi?

oleh -34 views
Umat islam melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 H di Masjid Jami, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (10/7/2022). Umat islam di Indonesia melaksanakan Shalat Idul Adha1443 Hijriah sesuai dengan jadwal yang ditentukan pemerintah. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/tom.

Porostimur.com, Yogyakarta – Perbedaan penetapan Iduladha antara Indonesia dan Arab Saudi bukanlah hal yang baru. Mengapa berbeda?

Menurut anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Agus Purwanto, perbedaan semacam ini bukan kali pertama terjadi melainkan sudah sering terjadi. Sehingga, seharusnya warga Muhammadiyah dan umat Islam di Indonesia tidak lagi merasa kaget dengan fenomena ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, pola perbedaan ini cukup bervariasi. Dua tahun berturut-turut sebelumnya, Iduladha di Arab Saudi bersamaan dengan Muhammadiyah tetapi mendahului pemerintah Indonesia.

“Sebelumnya lagi, Iduladha di Saudi bersamaan dengan pemerintah Indonesia sementara Muhammadiyah mendahului. Namun, ada juga tahun di mana Muhammadiyah, pemerintah, dan Arab Saudi ber-Iduladha pada hari yang sama,” katanya.

Baca Juga  Begini Strategi Ekspansi dan Investasi Harita Nickel (NCKL)

Pada 2024 ini, Iduladha di Arab Saudi mendahului Muhammadiyah dan pemerintah Indonesia. Muhammadiyah menetapkan 29 Zulqa’dah 1445 H jatuh pada Kamis (6/6/2024). Namun, ketika maghrib 6 Juni 2024, konjungsi belum terjadi (konjungsi baru terjadi pada pukul 19.04 WIB), sehingga siklus bulan Zulqa’dah belum berakhir.

Dengan demikian, berdasarkan kriteria Wujudul Hilal, Zulqa’dah disempurnakan menjadi 30 hari, dan 1 Zulhijah 1445 H jatuh pada Sabtu (8/6/2024), sehingga Iduladha pada Senin (17/6/2024).

No More Posts Available.

No more pages to load.