Museum Maluku Kembali Gelar Pameran Temporer Sejarah Perjuangan Bangsa

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku sebagai induk dari UPTD Museum Siwalima, kembali menyelenggarakan Pameran Temporer Sejarah Perjuangan Bangsa serta Lomba Pidato Perjuangan dan Lomba Permainan Tradisional di Museum Siwalima, Senin (26/8).

Gubernur Maluku yang diwakili oleh Tata Pemerintah Setda Promal, Hendry Far Far dalam sambutannya pada acara pembukaan mengatakan, pameran ini merupakan salah satu media untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan sejarah bangsa di masa lalu kepada generasi muda sehingga mereka memiliki kesadaran untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang berkualitas sehingga mereka tidak akan kehilangan daya juang di era milenial ini.

Dengan pameran ini, menurut Murad dalam sambutan tertulisnya, perjalanan sejarah bangsa diingatkan kembali bagaimana perjuangan untuk merebut kemerdekaan, berbagai halangan dan hambatan yang telah dilalui oleh rakyat, dan titik puncak perjuangan Indonesia dengan diproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Baca Juga  Akibat Diare dan Gizi Buruk Tiga Warga SBT-Maluku Meninggal Dunia

“Dengan bersatu, Indonesia bisa merdeka, melepaskan ikatan penjajahan sehingga berhak untuk menentukan nasib dan masa depan bangsanya sendiri,” pesan Murad Ismail, sebagaimana dibacakan Far Far.

Link Banner

Selain pameran temporer, akan diadakan kegiatan lomba pidato tingkat SMA/SMK/MA dan permaian tradisional anak tarompa untuk tingkat SD, MI.

Tujuan pertama dari kegiatan ini adalah membangkitkan minat masyarakat dan peserta didik untuk mengunjungi museum siwalima, kedua meningkatkan minat peserta didik untuk belajar sejarah dan berjuang untuk mengisi kemerdekaan.

Letiga menciptakan rasa bangga dan cinta tehadap tanah air melalui sejarah perjuangan bangsa.

Keempat menumbuhkembangkan sikap saling menopang, saling menghargai sejak usia anak-anak untuk menciptakan generasi Maluku cerdas.

Baca Juga  Bansos Tunai di Maluku & Papua Cair Sekaligus untuk 3 Bulan

Sementara itu, Kepala Museum Siwalima, Jean Esther Saiya dalam laporannya menjelaskan salah satu tugas dari Museum Siwalima Ambon adalah menyebarluaskan informasi tentang benda sejarah dan budaya yang ada di museum kepada masyarakat khususnya peserta didik

Dan salah satu kegiatan penyebaran informasi tersebut melalui pameran, baik pameran keliling maupun pameran temporer.

Kepala Museum Siwalima, Jean Esther Saiya

Saiya mengatakan pameran temporer yang mengambil tema Sejarah Perjuangan Bangsa ini, dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku ke 74 tahun 2019.

Tujuannya agar peserta didik dapat belajar membekali diri dengan pengetahuan sejarah masa lalu untuk menyongsong masa depan yang lebih baik sebagai generasi penerima tongkat estafet pimpinan bangsa dan daerah ini kedepan.

Baca Juga  KPU Kota Bitung dan BPJS Ketenagakerjaan Manado Tandatangani Kerjasama

Pelaksanaan pameran ini akan berlangsung dari tanggal 26 Agustus 2019 sampai 30 Agustus 2019, di ruang pameran tetap sejarah dan budaya Museum Siwalima, Ambon.

Sedangkan lomba pidato tingkat SMA, SMK, MTS akang diselenggarakan tanggal 27 Agustus 2019 di ruang teater Museum Siwalima.

Sementara lomba tarompa tingka SD, MI, akan diselenggarakan tanggal 28 Agustus 2019 di Lapangan Mandala, Karang Panjang, Ambon. (Ebot)