Musim Penghujan, Walikota Ambon Minta Satgas Bencana Siaga Penuh

oleh -25 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kota Ambon yang akhir-akhir ini dalam musim penghujan menyebabkan bencana di beberapa titik.

Ada kurang lebih lima sampai enak titik yang mengalami bencana di Kota Ambon dan itu sudah diantisipasi oleh pemerintah, baik dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penaggulangan Bencana (BNPB) dan instansi terkait lainnya.

“Cuaca dan kondisi alam yang mana bulan Juli ini musim penghujan di Kota Ambon sehingga itu saya dari pagi sampai malam saya monitor terus,” ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada Wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (6/7/2021).

Walikota juga meminta seluruh Satuan Tugas terutama Satgas Bencana (BNPB) untuk turun memberikan perhatian kepada masyarakat.

“Saya mendapat laporan sampai dengan tadi kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) melaporkan mereka turun membersihkan lokasi-loksi yang mengalami bencana,” ujarnya.

Baca Juga  Serahkan Bantuan Natura, Walikota Ambon: Bentuk Kepedulian Dari Masyarakat Lewat Pemkot

Walikota mengatakan kadang-kadang juga orang viral di medsos tentang jalan di A.Y Patti kondisi di Yos Sudarso terkait dengan banjir.

“Ini Kota dekat dengan pantai jadi kalau misalnya hujan itu dengan volume yang begitu besar yang bersamaan dengan air pasang dan itu biasanya agak sulit sekali untuk terus mengalir ke laut. Itu ada orang yang tidak paham dan tidak mengerti ya sudah di kaitkan banjir dengan gorong-gorong dan sebagainya padahal tidak ini situasi alamiah, kalo misalnya air itu lagi air turun hujan deras juga tidak ada pengaruh apa-apa, itu yang kadang-kadang terjadi seperti begitu,” jelas Louhenapessy.

Kita sangat bersyukur karena pemerintah provinsi sudah membantu menata itu kita punya jalur-jalur itu sehingga walaupun air naik tapi cepat surut karena jaringan drainase juga semakin baiklah buat kita.

Baca Juga  Pemkot Ambon Dukung Aplikasi Klassku Yang Di Gagas Oleh Pangdam XVI/Pattimura

“Nah itu menurut saya itu harus dipikirkan dalam sebuah konsep terpadu. Dengan anggaran yang menurut saya nggak bisa kota itu pemerintah pusat balai paling tidak mengantisipasi itu,” harap Louhenapessy.

“Kalau kita kondisi ini betul-betul aman lah buat kota ke depan kalo bisa pemerintah pusat mengambil kebijakan kebijakan strategis untuk membantu kota artinya butuh anggaran yang tidak kecil untuk itu,” pungkasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.