Pemkab Malra akan Berlakukan PPKM Mikro Guna Penanganan Covid-19.

oleh -15 views
Link Banner

Porostimur.com | Langgur: Terkait Perkembangan penyebaran Covid-19 secara nasional maupun regional, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) kembali melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Langgur.

Rakor itu dihadiri langsung Forkopimda, tokoh adat, tokoh agama dan seluruh pimpinan OPD setempat dan dipimpin langsung oleh Bupati Malra yang juga selaku Ketua Satgas penaganan Covid-19 Hj. M. Thaher Hanubun.

Dalam arahanya Bupati Hanubun menjelaskan, Satgas Penanganan Covid-19 Malra akan menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang Pemberlakuan PPKM Berbasis Mikro di Luar Jawa dan pulau Bali.

“Satgas Penanganan Covid-19 Malra akan didukung penuh oleh Kodim 1503 Tual dan Polres Tual, yang akan melakukan Optimalisasi penerapan PPKM Mikro dan Operasi Yustisi secara berkesinambungan guna mencegah penyebaran Covid-19 varian baru didaerah Maluku Tenggara”

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu juga menginstruksikan kepada Seluruh pimpinan OPD dan Camat untuk menerapkan PPKM Berbasis Mikro.

Baca Juga  Ini Harapan Pangdam XVI/Pattimura Saat Menerima Kunjungan Pengurus JMSI Maluku

“Perlu disampaikan untuk tanggung jawab kepada OPD teknis yakni Dinas Kesehatan agar meningkatkan kemampuan 3T (Testing Tracking dan Treatment), serta menyiapkan fasilitas pendukung pelayanan dan penanganan pasien Covid-19”, ujarnya pada, Senin (6/7/2021).

Kemudian dia juga menginstruksikan untuk Dinas Kominfo membuat peta tirik oleh sebaran Covid-19 berbasis pada Ohoi untuk menjadi perhatian masyarakat.

Juga Dinas Pendidikan akan melakukan pengkajian kembali skema pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan disesuaikan dengan zonasi wilayah.

Dinas Perhubungan memantau secara ketat pelaku perjalan pada pintu masuk ke Malra yaitu Bandara Karel Sadsuitubun.

Badan Penangulangan Bencana Daerah bersama Kodim 1503 bersiaga untuk menangani jenazah pasien Covid-19.

“Semua pimpinan OPD ingat selalu dan laksanakan agar mengendalikan kerja organisasi dan terlibat secara aktif dalam penanganan Covid-19,” tegas Bupati.

Baca Juga  Gelar Apel Perdana Usai Lebaran, Bupati Malra Minta Percepat Belanja Barang & Jasa

Selain kepada para pimpinan OPD, Hanubun juga menegaskan untuk para Camat agar meningkatkan kewaspadaan dan kontrol terhadap wilayahnya

“Sangat diharapkan agar selalu mengkoordinasikan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat ohoi serta melakukan pemantauan terhadap pelaku perjalanan yang datang dari luar Malra” tukasnya.

Menutup arahannya, Hanubun mengimbau tokoh-tokoh agama agar memperketat penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan peribadatan serta mengikuti semua aturan yang diberlakukan secara nasional. Terlebih dalam kesiapan menghadapi pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 H mendatang. (marlon)

No More Posts Available.

No more pages to load.