Penting! Berikut 5 Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Saat musim hujan pemilik mobil harus lebih memperhatikan kondisi mobilnya. Ada beberapa masalah yang bisa terjadi terhadap mobil saat musim hujan, maka dari itu berikut 5 tips merawat mobil saat musim hujan.

1. Segera keringkan bodi mobil

Hal yang harus dilakukan pertama kali setelah menggunakan mobil saat kondisi cuaca sedang hujan adalah segera mengeringkan bodi mobil.

Tetapi jika kondisi bodi mobil sudah kotor dengan lumpur akibat genangan air hujan maka sebaiknya segera cuci atau bilas bodi mobil dengan air bersih lalu keringkan.

Jika noda pada bodi mobil sudah mengering, maka mobil harus segera dicuci dengan menggunakan sabun khusus, air bersih, spons, serta lap microfiber.

Degan menggunakan cara perawatan ini maka cat bodi mobil agar tidak cepat kusam.

2. Perhatikan perawatan kaca dan pintu mobil

Kaca dan pintu mobil di musim hujan akan lebih rawan terkena jamur, karena kondisinya yang sering basah. Maka dari itu pastikan setia setelah selesai pemakaian kondisi kaca dan pintu mobil dalam keadaan kering serta bersih.

Dalam perawatan kaca dan pintu mobil bisa juga ditambahkan cairan khusus pembersih kaca serta cairan silikon untuk melembabkan karet-karet pada kaca dan pintu mobil, dengan begitu kaca dan pintu mobil akan selalu terawat dengan keadaan baik.

3. Bersihkan kaki-kaki mobil

Kaki-kaki mobil di musim hujan akan membutuhkan perhatian khusus, karena bagian kaki-kaki mobil adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan air hujan atau genangan yang disebabkan oleh air hujan.

Membersihkan area kaki-kaki mobil ini bisa menjadi bagian dalam mencuci mobil, membersihkan kaki-kaki mobil coba diawali dengan cara semprotkan terlebih dahulu air bertekanan tinggi ke area kaki-kaki mobil sebelum mencuci kaki-kaki mobil dengan sabun khusus. Tujuan cara ini adalah agar kotoran-kotoran yang mengendap bisa hilang.

4. Cek sekitar area mesin

Pemilik mobil juga bisa melakukan pengecekan di area mesin. Karena area mesin mobil yang terganggu oleh air hujan dapat menyebabkan mobil mogok.

Setiap mobil mempunyai celah-celah yang bisa menjadi jalan masuk air hujan ke dalam area komponen mesin mobil. Jadi sebaiknya lakukan pengecekan dan pembersihan area mesin mobil dengan rutin saat musim hujan.

5. Cek kondisi wiper, rem, serta ban

Wiper sangat dibutuhkan pengemudi khususnya saat memasuki musim hujan, karena wiper berguna untuk visibilitas pengemudi saat turun hujan. Maka dari itu cek kondisi wiper saat akan mengemudi mobil di musim hujan.

Selain wiper yang harus diperhatikan komponen rem serta ban mobil juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.

Saat musim hujan komponen rem serta ban sangat berpengaruh dalam keselamatan mengemudi.

Itulah 5 tips merawat mobil yang bisa dilakukan saat musim hujan tiba! Patuhi aturan lalu lintas saat berkendara.

(red/yoursay)

No More Posts Available.

No more pages to load.