PWI Papua Barat gelar UKW Angkatan II

oleh -31 views
Link Banner

@Porostimur.com | Manokwari : Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat bekerjasama dengan PWI Pusat serta beberapa donatur, menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan II, di Hotel Manokwari, Jumat (21/9) dan Sabtu (22/9).

UKW Angkatan II ini resmi ditutup oleh Komisi Pendidikan PWI Pusat, Widodo Asmawiyoto.

UKW PWI Papua Barat angkatan II, diikuti enam kelompok yang terdiri dari kategori Muda 4 kelas, kategori Madya 1 kelas dan kategori Utama 1 kelas.

Dari total 38 orang peserta, 35 diantaranya dinyatakan kompeten dan 3 sisanya belum kompeten.

Wartawan yang telah mengikuti UKW, diharapkan mampu berkompeten dalam menjalankan profesinya dengan baik.

Hal ini ditegaskan Ketua PWI Provinsi Papua Barat, Bustam, dalam sambutannya saat penutupan kegiatan dimaksud, Sabtu (22/9).

Baca Juga  Ditinggal Kabur Sang Istri, Penguasa Dubai Tulis Puisi

”Alhamdulillah, UKW ke II PWI PB telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Saya berharap kepada teman–teman yang telah dinyatakan kompeten, dapat menjalankan profesi jurnalistik dengan lebih baik lagi, paham akan etika jurnalistik dan tidak melanggar ketentuan sesuai undang–undang pers. Kompetensi wartawan sangat penting untuk menjaga profesional kita sebagai wartawan, dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Menurutnya, pihanya merencanakan program UKW Angkatan ke III akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Seluruh wartawan di Papua Barat, tegasnya, harus memiliki sertifikat UKW.

Tak lupa, diapresiasinya penyelenggaraan program UKW Angkatan II yang tidak terlepas dari peran para penguji, maupun peranan aktif peserta yang sudah meluangkan waktu untuk mengikuti UKW selama 2 hari ini.

Baca Juga  Langgar Kesepakatan, Aktifitas NHM Diboikot Masyarakat Lingkar Tambang, Polisi Diduga Aniaya Sejumlah Demonstran

”UKW kita tidak berhenti sampai disini. Untuk selanjutnya, kita akan mengadakan UKW angkatan ke III. Kita berharap seluruh wartawan punya sertifikat kompetensi. Selamat buat kawan–kawan wartawan yang telah lulus dan dinyatakan kompeten oleh para penguji. Dan untuk kawan–kawan yang belum kompeten jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan berikutnya. Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada panitia dan para sponsor yang telah banyak membantu terselenggaranya acara UKW. Salam hormat saya kepada teman–teman pers di seluruh Papua Barat, tanpa kalian, PWI tidak bisa mensukseskan  kegiatan PWI,” jelasnya.

Khusus bagi peserta yang sudah lulus UKW dan ingin bergabung ke PWI, tambahnya, diminta untuk melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan sehingga bisa dibuatkan kartu anggota PWI.

Baca Juga  Tampil Lebih Elegan, Intip 6 Model Gamis Warna Coklat ala Influencer

”Karena syarat menjadi anggota PWI, harus kompeten. Meskipun kartu UKW dalam proses pengajuan ke Dewan Pers, tetapi bagi teman-teman yang sudah kompeten, bisa mengajukan berkas. Nanti kami urus ke  pusat. PWI Pusat juga punya data yang kompeten, jadi meskipun kartu UKW belum diterbitkan Dewan Pers, sudah bisa diterbitkan kartu PWI,” pungkasnya. (Jefri)