Rahawarin Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Gladi Pembukaan PON XX Papua

oleh -144 views
Link Banner

Porostimur.com – Jayapura: Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, Letjen. TNI, Jeffry Apoly Rahawarin mendampingi Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau Operasi Cartenz di Papua dalam rangka jelang pembukaan atau opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Rahawarin mendampingi Panglima TNI dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang hadir ke Jayapura guna memastikan keamanan di sekitar venue berjalan sesuai rencana.

Hadi menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. Seperti diketahui, opening ceremony PON XX akan berlangsung pada Sabtu (2/10).

“Kami datang memastikan pelaksanaan PON XX harus berjalan aman dan lancar mulai dari pembukaan, jalannya pertandingan, sampai penutupan,” ujar Hadi Tjahjanto kepada wartawan di lokasi, Selasa (28/9/2021) malam.

Hadi Tjahjanto menjelaskan dia bersama Sigit melihat langsung rangkaian gladi acara pembukaan PON XX dan persiapan aparat keamanan di venue yang telah ditentukan.

Baca Juga  Bupati Kepulauan Sula Sabet Penghargaan KDI 2019

“Karena Presiden hadir pada acara pembukaan dan penutupan, semua rangkaian kita pastikan sudah aman dengan melakukan Operasi Sandi Cartenz mulai ring 1 sampai ring 4 sudah berjalan,” ujarnya.

Hadi mengingatkan seluruh yang hadir di lokasi PON XX harus sudah divaksinasi COVID-19 dosis 1 dan 2. Untuk itu, TNI-Polri menyediakan gerai vaksinasi di dekat venue PON ke-XX.

“Kami membuka gerai-gerai vaksin di tiga daerah pelaksanaan PON XX Papua, kerja sama TNI/Polri dengan Kemenkes dan Satgas lainnya agar masyarakat mendapat vaksin. Karena itu menjadi syarat untuk dapat menonton PON XX,” ujarnya.

Sementara itu, kepada Porostimur.com, Rabu (29/9/202) Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin mengatakan,  aparat sudah bersiaga di tempat-tempat yang telah ditentukan guna menjamin keamanan pesta olahraga dalam negeri itu. Persiapan telah dilakukan secara matang dan terperinci.

Baca Juga  Pangkogabwilhan III: Keberhasilan PON XX 2021 Akan Jadi Kebanggaan Masyarakat Papua

“Tentunya kami harapkan dengan adanya personel pengamanan yang sudah masuk dari mulai ring 1 sampai 4 diharapkan seluruh kegiatan pengaman PON berjalan aman, lancar dan baik,” ujar Rahawarin melalui sambungan telepon.

Selain berperan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), mantan Pangdam XVI/Pattimura itu juga mengingatkan soal pentingnya menjaga kesehatan bagi masyatakat. Beberapa di antaranya yaitu percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) saat pelaksanaan PON.

“Salah satunya adalah percepatan vaksinasi. Mengingat, syarat untuk bisa menonton langsung pertandingan, masyarakat sudah harus mendapatkan suntikan vaksin. Kemudian imbauan kami terkait kapasitas venue penonton sebesar 25% dan telah vaksin 2 kali. Kami bersama Panglima telah membuka gerai vaksin di 4 wilayah venue dan diharapkan ini bisa direspon. Selain sebagai syarat, juga mendukung proses vaksinasi agar berjalan dengan baik,” tuturnya.

Baca Juga  Fenomena Ikan Mati Terdampar, Masyarakat Kota Ambon Tidak Perlu Resah

Oleh sebab itu, Rahawarin mengajak kepada masyarakat untuk segera datang ke gerai vaksinasi yang telah disediakan oleh TNI-Polri. Dengan begitu, pelaksanaan PON ke-XX dapat berlangsung dengan aman dari gangguan kamtibmas dan mencegah lonjakan penyebaran COVID-19.

“Kami imbau untuk masyarakat manfaatkan gerai vaksin TNI-Polri, Dinkes untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Papua. Begitu juga operasi satgas yang lain terus kami perintahkan mengamankan sehingga pengamanan PON berjalan dengan baik,” tutup Rahawarin. (keket)

No More Posts Available.

No more pages to load.