Rayakan Dies Natalis ke-22, STBA LIA Gelar Webinar Gratis bertema Karier Presenter TV, Penerjemah & Interpreter

oleh -196 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Pandemi Covid 19 tak bisa dipungkiri adalah salah satu ujian Tuhan yang sangat besar bagi umat manusia. Jutaan korban meninggal dunia berjatuhan di seluruh pelosok bumi. Selain jadi bencana ternyata wabah ini juga membawa dampak positif.

Salah satu dampak positif yang dirasakan, khususnya di bidang pendidikan adalah pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi tatap maya seperti Zoom, Google Meet, MS Team dll.

Bagi dunia perguruan tinggi, pembelajaran jarak jauh jadi sarana untuk memaksimalkan salah satu dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Pkm yang biasanya diwujudkan dengan mengutus dosen untuk memberikan pelatihan sesuai dengan bidang ilmunya, yang di masa sebelum pandemi, dilaksanakan dengan mendatangi siswa atau peserta pelatihan di tempat mereka, kini cukup dilakukan dari rumah saja.

Jumlah peserta pelatihan gratis yang biasanya terbatas antara 10 sampai 15 peserta, kini bisa berlipat ganda jadi ratusan bahkan ribuan, dan bahkan dapat memberikan kesempatan bagi peserta yang berasal dari mancanegara.

Baca Juga  Hasil Seleksi PPPK Guru Tahap 1: Formasi di Daerah Terpencil Tak Diminati

Kesempatan inilah yang diambil Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA untuk merayakan Dies Natalis-nya yang ke-22 dengan memberikan PkM gratis berupa aneka webinar di antaranya, Seminar Nasional Peranan Bahasa Asing di Dunia Pariwisata & Ekonomi Kreatif bersama Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Kepala LLDIKTI Wilayah III, Bincang Karir Bahasa Jepang sebagai Bekal Bekerja di Dunia Pariwisata, Pelatihan Bahasa Inggris gratis untuk guru-guru SMA/SMK/MA serta Syukuran Virtual civitas academica STBA LIA, yang akan jadi puncak peringatan hari lahir sekolah tinggi yang berdiri tahun 1999 ini.

“Kami bersyukur dapat memberikan manfaat kepada lebih banyak orang dengan pelatihan-pelatihan gratis ini,” tutur Iwan Sulistiawan, M.Si, dosen prodi Bahasa Inggris perguruan tinggi kebahasaan itu yang juga koordinator acara Dies Natalis.

Baca Juga  Ternate Mulai Vaksinasi Covid-19, Ketua PPNI Orang Pertama

Iwan sendiri akan bertindak sebagai narasumber merangkap host satu kegiatan lain yang juga penting, yakni kegiatan webinar gratis Bincang Karir ala Podcast: Ngobrolin Kiat Jadi Presenter TV, Penerjemah & Interpreter tanggal 4 September 2021 pukul 09.00 s.d 11.00 WIB mendatang, bersama Permata Sari Harahap, Indra Damanik dan Engelika Tanjung.

Ketiga professional muda itu adalah alumni perguruan tinggi swasta di bawah naungan Yayasan LIA itu.

Dipilihnya gaya podcast yang akrab, santai dan informal, lanjut Iwan, adalah strategi yang dipakai agar webinar tidak terkesan terlalu kaku dan akademis yang biasanya jadi kurang menarik bagi kalangan muda yang jadi target utama peserta webinar ini.

Baca Juga  Usai Tahan Alfred Hongarta, KPK Dalami Dugaan Aliran Dana ke Sejumlah Elite PKB

“Tidak ada presentasi menggunakan Power Point,” janji dosen yang juga aktif berkesenian ini.

Peminat webinar gratis bergaya rileks yang rencananya akan dibuka dengan kata sambutan Ketua STBA LIA, Dr Siti Yulidhar Harunasari, M.Pd ini dapat segera mendaftarkan diri di link http://tiny.cc/DaftarBincangKarir.

Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh dengan mengontak nomor telepon 0857-7699-4122 (Karin) atau 0822-1071-7803 (Rubi).