Sehari kabur, esoknya BM di-Lapas-kan kembali

oleh -62 views
Link Banner

@Porostimur.com | Manokwari : Setelah berhasil kabur sehari sebelumnya dari Lapas Klas IIB Manokwari, salah satu napi BM alias Bryan akhirnya diserahkan pihak keluarga kembali kepada pihak Lapas.
Bryan diserahkan keluarganya ke Lapas Kelas IIB Manokwari, Senin (24/4) sekitar pukul 11.00 Wit.

Pengawalan 2 orang petugas kepolisian, mengiringi kedatangan Bryan bersama keluarganya ke Lapas Kelas IIB Manokwari.
Dalam keterangannya kepada wartawan, salah satu keluarga Bryan, Max Rumbebiak, menjelaskan bahwa usai kabur dari Lapas, Bryan langsung ke rumahnya yang berlokasi di Komplek Sanggeng.

Saat itu juga, akunya, pihak keluarga langsung melakukan koordinasi dengan polisi, untuk mengembalikan BM ke Lapas.
Sayangnya, BM dihantui ketakutan atas kesalahannya, sehingga pihak keluarga memutuskan untuk mengurung BM di rumah, guna mengembalikan kepercayaan dirinya.

Dengan kembalinya BM ke Lapas, harapnya, baik pihak Lapas maupun warga binaan, dapat menerima BM kembali tanpa harus ada kekerasan.

Link Banner

”Adik kita ini memang masih muda dan hanya ikut-ikutan. Sebenarnya dia (BM-red) ingin kembali ke Lapas, tetapi takut diperlakukan oleh warga binaan lain di dalam Lapas. Jadi saya harap, petugas Lapas dan warga binaan dapat terima adik kami (BM) kembali, selayaknya tahanan lain di dalam lapas,” tegasnya.

Baca Juga  Roberto Carlos Puji Tiga Pemain Muda Madrid asal Brasil

Kesempatan yang sama, salah satu anggota Polsek Amban yang ikut mengawal BM bersama keluarga menuju Lapas, Bripka Mika Marisan, mengaku saat hendak berangkat ke kantor, ia kaget melihat keluarga yang tegang dengan keberadaan BM di rumah.

Dirinya langsung menghampiri sang ibu, dan berkoodinasi agar BM kembali diserahkan ke Lapas.

Diakuinya, upaya pendekatan tersebut pun disambut baik pihak keluarga.
Sehingga, akunya, pihaknya langsung menyarankan keluarga untuk melapor kondisi tersebut dengan pihak Lapas.
Setelah melalui koordinasi yang panjang, jelasnya, akhirnya BM pun setuju untuk kembali ke Lapas, namun harus diantar oleh keluarganya.

”Tadi pagi saya mau berangkat ke kantor, saya sempat lewat depan rumahnya dan lihat ibunya seperti gelisah. Saya menghampiri dan melakukan koordinasi, karena saya sudah tau kejadian tersebut, dan juga keberadaan BM di rumah. Keluarga juga terima baik maksud saya, dan mau berkoordinasi dengan petugas lapas, untuk mengembalikan BM. Akhirnya saya memutuskan untuk ikut mengawal,” jelasnya.

Baca Juga  Haris Moti: Kartel Farmasi Sedang Berebut Pengaruh Istana Negara!

Itikad baik pihak keluarga yang mengembalikan BM ke Lapas mendapatkan apresiasi dari pihak Lapas.

Kepala Lapas Kelas IIB Manokwari, Yosef Yembise, melalui Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kasie Kamtib), Hamja Hasan, menyampaikan ucapkan terima kasih kepada keluarga yang telah menyerahkan BM.

Dihimbaunya pihak keluarga dari para warga binaan lainnya yang sedang pelarian untuk memiliki itikad baik dan mengembalikan para warga binaan dimaksud ke Lapas.
Diakuinya, total 16 orang napi melarikan diri sejak Minggu (22/4) kemarin.

5 di antaranya, jelasnya, telah diamankan, sedangkan 11 lainnya masih dalam pengejaran.

Saat ini, tambahnya, Polres Manokwari juga telah mengamankan 1 napi berinisial AB.
Informasi yang dihimpun wartawan sebelumnya, salah satu narapidana berinisial DM, juga telah diamankan pihak keluarganya.

Baca Juga  Bertambah 196, Total Ada 1.986 Kasus Covid-19 di Indonesia

Namun saat akan dijemput, DM masih merasa ketakutan, sehingga pihak keluarga memutuskan untuk memulihkan kondisinya di rumah, yang beralamat di Kompleks Sanggeng.

Dipastikan, saat kondisi DM benar-benar pulih, keluarga akan langsung menyerahkannya kepada pihak lapas.

”Atas nama Kalapas, saya ucapkan terima kasih sudah menyerahkan BM kembali ke Lapas. Saya berharap jika ada keluarga yang mengetahui keberadaan narapidana yang lain, bisa diinformasikan kepada kami.

Sejauh ini sudah 5 napi yang diamankan, dari total 16 napi yang kabur. Salah satunya telah diamankan oleh Polres Manokwari,” pungkasnya. (jefri)