Tes Kepribadian, Anak LPKA Ambon Jalani Asesmen

oleh -15 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon menggelar asesmen untuk mengetahui kepribadian Anak, Rabu (17/3). Bertempat di ruang kelas LPKA Ambon, kegiatan ini diikuti 18 Anak.

Kegiatan asessmen dilakukan bersama mahasiswa magang dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga didampingi Kepala Seksi (Kasi) Registrasi dan Klasifikasi serta staf. Asesmen tersebut menggunakan metode Warteg Test, yakni salah satu bahan tes psikologi dimana klien akan diminta untuk melengkapi gambar.

“Tes ini dibuat untuk mengetahui karakter dan kepribadian seseorang dari segi imajinasi, emosi, dinamisme, reality function, dan kemampuannya dalam mengontrol sesuatu,” ungkap salah satu mahasiswa, Marchelino.

Selanjutnya, hasil dari asessmen tersebut akan diinterpretasikan dan dibuat dalam bentuk laporan.

Link Banner

Kasi Registrasi dan Klasifikasi, Abdul S. Rumuar, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui karakter dan kepribadian Anak. Ia menuturkan anak-anak merupakan tahap awal perkembangan, baik perkembangan fisik dan pikir.

Baca Juga  Senin Besok Muhammadiyah akan Laporkan Kadiknas Malut ke Polda

“Anak LPKA Ambon memasuki tahap perkembangan. Jadi, akan lebih gampang untuk diarahkan sehingga kepribadiannya masih bisa dibentuk. Proses bimbingan akan lebih mudah dilakukan dibandingkan orang dewasa yang pola pikirnya sudah terbentuk,” tuturnya.

Ia berharap asesmen ini dapat berdampak positif bagi perilaku Anak di LPKA Ambon. “Anak-anak merupakan aset bangsa yang masih perlu diberikan bimbingan. Kegiatan ini merupakan upaya memberikan pembinaan yang lebih baik untuk Anak sehingga mental mereka menjadi semakin kuat, sehat, mandiri, dan mau berubah menjadi lebih baik setelah menjalani masa pidana di LPKA Ambon,” ungkap Abdul. (sally/infolapas)