Triwulan I 2018, IMK Maluku tumbuh 4,10%

oleh -59 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Dalam periode Januari-Maret 2018, produksi Industri Mikro dan Kecil (IMK) di Provinsi Maluku naik 4,10%, jika dibandingkan periode sebelumnya Oktober hingga Desember 2017.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Dumanggar Hutauruk, kepada wartawan, di Kantor BPS Provinsi Maluku, Rabu (2/5).

Dumang Hutauruk selaku Kepala BPS Provinsi Maluku kepada wartawan di Kantor BPS Maluku, Rabu (2/4/18), mengatakan secara kumulatif

Hingga Maret 2018, akunya, secara komulatif produksi IMK Provinsi Maluku meningkat 65% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Menurutnya, pertumbuhan positif ini ditunjang oleh pertumbuhan produksi pada bidang jasa reparasi dan pemasangan mesin dan peralatan, furniture, barang galian bukan logam, pakaian jadi, tekstil (tenun), kayu dan barang dari kayu, dan bahan kimia dan barang dari bahan kimia (minyak kayu putih) dan industri pengolahan lainnya.

Baca Juga  Seperti Apa Uang yang Digunakan pada Periode Rempah di Indonesia?

Sayangnya, jelasnya, selang 2018 ini, beberapa IMK yang mengalami penurunan produksi adalah industri percetakan, barang logam bukan mesin, alat angkutan lainnya dan industri minuman.

Meski demikian, tegasnya, Industri besar dan sedang di Provinsi Maluku mengalami pertumbuhan sebesar 0,8% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2017 dan turun 2,31% jika dibandingkan triwulan IV 2017.

”Sektor Industri nasional mengalami pertumbuhan baik pada skala mikro kecil maupun skala besar sedang. Secara y-on-y MK Nasional tumbuh 5,25 persen sedangkan IBS Nasional tumbuh 5,01 persen,” pungkasnya. (febby sahupala)