Warga Perbatasan RI di Pulau Liran Minta Perhatian Prabowo untuk Sumber Air Bersih

oleh -52 views
Menhan Prabowo ikut bergembira dan mandi bersama anak-anak di Tiakur Pulau Moa, ketika meresmikan proyek Air Bersih yang dikerjakan Tim Ahli dari Unhan. --- ist

Porostimur.com, Jakarta – Program Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dalam rangka menyediakan air bersih bagi masyarakat yang kesulitan dengan menggandeng Universitas Pertahanan (Unhan) menimbulkan harapan baru bagi warga di perbatasan Indonesia dan Timor Leste tepatnya di Pulau Liran, Kecamatan Wetar Barat, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)

Pasalnya, selama ini warga di pulau yang sering sekali berinteraksi dengan warga Timor Leste khususnya dari distrik Atauro itu mengalami kesulitan untuk mendapatkan air yang bersih. Air dari sumur yang digali masyarakat di pulau kecil ini payau atau sedikit terasa asin. Selain itu akses untuk mendapatkannya pun terbatas.

Polly Kaitipana, salah satu pejuang kemanusiaan yang juga pelaku pemberdayaan masyarakat nelayan di Maluku. kepada wartawan, di Ambon, Rabu, 24 Januari 2024 mengatakan, ia sudah sering tinggal di Pulau Liran dan ikut merasakan susahnya masyarakat mendapatkan air bersih.

Baca Juga  Menteri AHY Apresiasi Menteri ATR/Kepala BPN Terdahulu Atas Capaian 10 Tahun Reforma Agraria

”Masyarakat mengeluh dalam waktu yang sangat panjang ini. Mereka mendapat harapan ketika pak Praboxo bersama bapak Presiden Joko Widodo ke Pulau Moa dan berhasil menemukan sumber-sumber air yang menghidupkan bagi manusia maupun ternak di sana. Mereka berharap tim ahli dari Unhan dengan peralatan yang canggih untuk menemukan sumber ait bisa juga menyentuh Pulau Liran,” pungkas Polly.