16 Tahun Usia Kabupaten, Sula Tanpa Taman Makam Pahlawan

oleh -38 views
Link Banner

@Porostimur.com | Sula : Upacara HUT Bhayangkara ke 73, di Kabupaten Kepulauan Sula, tahun 2019 dilaksanakan di Gedung Cakalele, Desa Mangon, Kecamatan Sanana.

Hal ini bahkan telah berlangsung selama bertahun-tahun karena Kabupaten Kepulauan Sula tidak memiliki Taman Makam Pahlawan.

Kapolres Kepulauan Sula, AKBP, Tri Yulianto, ketika dikonfirmasi terkait pelaksanaan kegiatan HUT Bhayangkara mengatakan, pihaknya mengikuti pimpinan yang sebelumnya, dimana kegiatan serupa selalu dilakukan dari tahun ke tahun.

“Soalnya kita ngikut yang sebelumnya. Kalau kita ada TMP akan lebih bagus, sehingga bisa fokus dilaksanakan di TMP dan di laut untuk tabur bunga”, tulis Tri Yulianto via pesan WhatsApp.

Link Banner

Menanggapi kenyataan tersebut, Budayawan Maluku, Dino Umahuk mengatakan prihatin.

Baca Juga  Heroisme 1945 dan 2020

“Usia Kabupaten Kepulauan Sula sudah 16 tahun, masa Taman Malam Pahlawan aja gak punya. Ini bukti kita tidak menghargai perjuangan pada pahlawan kita”, ujarnya.

Oleh sebab itu, sastrawan nasional asal Sula ini meminta pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Kepulauan Sula agar dapat menganggarkan pembangunan Taman Malam Pahlawan melalui alokasi APBD.

“Saya berharap pemerintah dan DPRD segera menganggarkan pembangunan Taman Makam Pahlawan pada APBD tahun 2020 mendatang”, tukasnya.

Menurut Umahuk, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dan salah satunya dengan jalan menyediakan tempat peristirahatan yang layak.

“Sekali lagi, sebagai bentuk penghormatan kita kepada pada pahlawan dan untuk menjadi penanda bagi generasi ke depan, sebaiknya pemda dan DPRD segera menganggarkan pembangunan TMP”, harap Dino. (raks)

Baca Juga  Upacara awal bulan, Pangdam himbau prajurit perkuat pengamanan Pilkada