19 Jemaah Haji Meninggal Akibat Panas Ekstrem di Arab Saudi

oleh -31 views

Porostimur.com, Makkah – Sebanyak 19 jemaah haji asal Yordania dan Iran dilaporkan meninggal dunia akibat cuaca panas ekstrem di Arab Saudi.

Pusat Meteorolog Nasional Arab Saudi (NCM) memprediksi suhu di Makkah akan berkisar antara 45 derajat celsius hingga 48 derajat celsius dengan cuaca dari panas hingga sangat panas.

“Sebanyak 14  jemaah Yordania meninggal, dan 17 lainnya hilang saat menunaikan ibadah haji,” kata Kementerian Luar Negeri Yordania dalam sebuah pernyataan, Senin (17/6/2024).

Kementerian tersebut kemudian mengkonfirmasi 14 jemaah haji tersebut meninggal setelah menderita sengatan matahari akibat gelombang panas yang ekstrem.

Kepala Bulan Sabit Merah Iran Pirhossein Koolivand secara terpisah mengatakan, lima jemaah haji Iran telah meninggal dunia di Makkah dan Madinah selama ibadah haji tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga  9 Model Dress Belah Samping Terbaru, Elegan dan Fashionable!

Ia tak merinci penyebab para jemaah haji Iran ini meninggal dunia. Namun diduga kuat disebabkan cuaca panas ekstrem.

Haji, salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia, adalah salah satu dari lima rukun Islam dan semua umat Islam yang mampu harus menunaikannya setidaknya satu kali.

Suhu telah melampaui 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) selama ibadah haji tahunan yang diikuti oleh sekitar 1,8 juta umat Islam pada tahun 2024 ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.