2019, SMPN 14 Ambon optimis selenggarakan UNBK

oleh -223 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Meskipun di tahun 2018 ini masih menyelenggarakan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), namun SMPN 14 Ambon optimis bakalan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2019 nanti.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Kamis (26/4), hal ini dibenarkan Kepala SMPN 6 Ambon, S. Duwila,S.Pd,M.Si.

Diakuinya, salah satu kendala belum terselenggaranya UNBK oleh pihaknya yakni masalah sarana dan prasarana.

Namun masalah ini, sudah mendapatkan titik terang, mengingat Pemerintah Kota Ambon sendiri sudah menjamin bakalan memenuhi kendala dimaksud.

”Semoga di tahun depan mereka sudah bisa mengikuti UNBK, karena dari dinas sendiri sudah mengatakan agar tahun depan semua sekolah SMP di Kota Ambon agar melaksanakan UNBK. Tapi kami optimis dan siap dalam melaksanakan UNBK di tahun depan,” ujarnya.

Baca Juga  Ayo Nikmati Komik Christina Martha Tiahahu di "Kipin School 4.0"

Diakuinya, untuk penyeleggaraan UNKP tahun 2018 ini, pihaknya melaksanakannya kepada 507 ssisw yang diuji dalam 3 sesi dan terbagi dalam 26 ruangan.
Dimana, sesi pertama dari pukul 07.30 hingga 09.30 Wit, sesi kedua pukul 10.00 hingga 12.00 Wit dan sesi ketiga pukul 13.00 hingga 15.00 Wit.

”Pelaksanaan UNBK untuk SMP sendiri akan berlangsung selama empat hari mulai dari hari Senin hingga Kamis mendatang. Hari pertama yang diuji adalah Bahasa Indonesia, esoknya Matematika dan hari ketiga itu Bahasa Inggris dan terakhir itu IPA. Untuk pengawasan, itu murni silang penuh jadi dari 4 rayon yang berbeda,” jelasnya.

Standar kelulusan yang harus dipenuhi para peserta UNKP, jelasnya, yakni minimal 5,6.
Dan untuk mencapai target itu, akunya, pihaknya sudah melakukan try out dan ujian sekolah.

Baca Juga  Mendadak, Vladimir Putin Perintahkan Militer Rusia Latihan Perang Besar-Besaran

Dimana, kedua momentum dimaksud seharusnya sudah dapat melatih siswa untuk mengerjakan soal UNKP dan memperoleh nilai tersebut.

”Kalau untuk target nilai itu kan di atas 5,6 jadi kita berharap dari hasil-hasil try out serta ujian sekolah itu sudah merupakan pegangan bagi para siswa karena didalan ujian sekolah sendirikan ada materi ujian nasional yang diujikan. Dengan demikian itu juga menjadi bahan latihan untuk mereka sehingga nanti dihari ini dan seterusnya mungkin mereka bisa mencapai nilai yang lebih baik,” tegasnya.

Diharapkannya, siswa dapat mengerjakan UNKP dengan baik dan dapat lulus dengan nilai yang memuaskan nantinya.

”Setiap orang optimis anak-anaknya berhasil tapi tergantung dari perjuangan anak-anak itu sendiri tetapi kalau pribadi saya saya yakin mereka akan lulus,” pungkasnya. (febby sahupala)