3 Orang Tewas dalam Aksi Protes Kenaikan Pajak di Kenya

oleh -19 views

Porostimur.com, Nairobi – Jumlah orang yang tewas dalam protes di Kenya meningkat menjadi tiga orang pada Sabtu, kata seorang pejabat rumah sakit dan dua petugas polisi kepada AFP. Aksi protes ini diinisiasi pemimpin oposisi Raila Odinga yang mendesak warga Kenya untuk turun ke jalan menentang kenaikan pajak.

Dilansir AFP, Minggu (9/7/2023), polisi pada hari Jumat menembakkan gas air mata di ibu kota Nairobi, menargetkan konvoi Odinga, dan mengambil langkah serupa melawan demonstrasi di kota Mombasa dan Kisumu.

“Kami mengalami kematian lagi pada korban yang sekarang menjadikan jumlah kematian menjadi dua akibat demonstrasi kemarin,” kata George Rae, CEO rumah sakit Jaramogi Oginga Odinga di Kisumu, kubu oposisi di Danau Victoria.

Baca Juga  Begini Strategi Ekspansi dan Investasi Harita Nickel (NCKL)

Dua petugas polisi yang berbicara kepada AFP dengan syarat anonim mengatakan, orang ketiga meninggal di rumah sakit di barat daya Kabupaten Migori.

“Telah dipastikan bahwa pria yang dibawa ke rumah sakit dengan luka tembak di kepala telah meninggal dunia,” kata salah satu petugas melalui telepon.

Petugas polisi lainnya mengkonfirmasi jumlah korban, dengan mengatakan “dua kematian terjadi di Kisumu dan satu di Migori.”

Pada hari Sabtu, polisi menggunakan gas air mata pada perwakilan masyarakat sipil, termasuk mantan hakim agung Willy Mutunga, yang menuntut pembebasan puluhan orang yang ditahan selama protes, kata para pegiat.