Mahulette harap peserta UNBK lampaui target kelulusan 5,6

oleh -141 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Memasuki hari pertama penyelenggaraan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (23/4), 330 peserta pada SMP Negeri 6 Ambon melewatinya dengan lancar dan sukses.
Ratusan peserta ini menjalani 3 sesi tes yang tersebar pada 4 ruangan.

Dimana, masing-masing ruangan bervariasi jumlah pesertanya yakni 25, 30 bahkan 32 peserta.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, hal ini dibenarkan Kepala SMPN Ambon, Drs jantje Mahulette,M.Pd.

Menurutnya, 3 sesi UNBK ini dimulai dari pukul 07.30 Wit, pukul 10.00 hingga 11.00 Wit, serta sesi ketiga dimulai pukukl 13.00 hingga 15.00 Wit.

Link Banner

Sementara untuk pengawas yang dilibatkan mengawasi proses UNBK pada sekolahnya, akunya, merupakan murni pengawasan silang penuh.

Dimana, pengawasnya datang dari SMP Katholik Xaverius Anderias, SMP Katholik Passo, SMP Katholik Xaverius Ambon dan SMPN 3 Ambon.

Baca Juga  Tampil Kece Abis dengan 7 Style Vest ala Korea Ini yuk!

”Untuk UNBK di Kota Ambon sendiri, ada 2 rayon. Rayon 1 itu SMPN 6, SMPN 3, SMP Xaverius Andreas, SMP Xaverius Ambon. Sedangkan yang sisanya di bawah pimpinan rayon 2, dibawahi SMP Kristen YPKPM,” ujarnya.

Dalam penyelenggaraannya, akunya, UNBK akan menguji 4 mata pelajaran, yang terbagi pada 4 hari, atau sehari diuji hanya 1 mata pelajaran.

”Senin mata pelajaran pertama Bahasa Indonesia. Selasa Matematika, Rabu Bahasa Inggris dan Kamis IPA,” singkatnya.

Meskipun tidak disediakan genset sebagai cadangan dalam penyelenggaraan UNBK, jelasnya, namun pihaknya bersyukur proses seleksi dimaksud terselenggara tanpa adanya halangan atyau gangguan apapun juga.

”Listrik sampai tadi malam belum ada genset. Saya koordinasi dengan Kepala Bagian Dikdas, ternyata tidak disiapkan. Karena setelah dihubungi Kepala PLN, tidak ada informasi. Tapi seperti yang terlihat tetap berjalan baik,” tegasnya.

Baca Juga  Bupati Halsel Dinilai Tidak Miliki Kebijakan Pembangun Ekonomi Gugus Pulau

Selain menyelenggarakan UNBK di sekolahnya, terangnya, pihaknya pun menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) kepada SMP terbuka yang berada di bawah binaanya.
Dimana, uNKP yang diselenggarakan pada SMP terbuka ini, akunya, proses ujiannya digelar pada pukul 10.00 Wit.

Sementara untuk jumlah peserta UNKP pada SMP terbuka, jelasnya, sebanyak 60 siswa.
Namun yang dinyatakan hadir hanya 15 siswa saja.

Selain itu, penyelenggaraan UNKP pada SMP terbuka ini, tegasnya, sama dengan penyelenggaraan UNBK pada SMP lainnya, dengan mata pelajaran yang diuji juga sama.

Sedangkan untuk target kelulusan, akunya, masih tetap sama yakni 5,6.
Karena itu, pihaknya berharap siswa didik mampu memberikan hasil terbaik dalam 4 hari penyelenggaraan UNBK ini.

Baca Juga  Rontini resmi jabat Kasat Brimob Polda Papua Barat

”Target nilai diatas 5,6. Dari hasil-hasil try out sekolah, juga merupakan pegangan bagi para siswa. Juga, mereka sendiri ada materi ujian nasional yang diujikan.

Dengan demikian itu juga menjadi bahan latihan, hingga hari ini dan seterusnya, mungkin mereka bisa mencapai nilai yang lebih baik,” pungkasnya. (keket)