5 Warga Negeri Urimessing Ikut Pelatihan UMKM di Ambon

oleh -144 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon bekerja sama dengan Lembaga Pengembagan Teknologi Tepat Guna (LPTTG) – Masyarakat Lokal Indonesia (Malindo) untuk melaksanakan pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Ambon.

Pelaksanaan pelatihan yang di pimpin langsung oleh Direktur Malindo, DR.H. Sakaruddin,M.Si bertujuan untuk meningkatkan hasil pendapatan keluarga di bidang ekonomi kreatif, dengan melatih sejumlah warga Kota Ambon untuk mengolah pangan lokal menjadi bahan jadi yang dapat dikonsumsi dan dipasarkan di khalayak umum.

Dari peserta pelatihan tersebut, terdapat 5 peserta utusan Negeri Urimessing yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 1 orang laki-laki.

Salah satu peserta utusan Negeri Urimessing, Hendrika Pormes kepada Porostimur.com mengatakan, dirinya sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut, karena menurutnya pelatihan yang diikutinya sangat berbeda jauh dengan pelatihan-pelatihan sebelumnya, sebab pelatihan yang diikuti bersama 4 teman lainnya itu hampir 80% dipraktekan dan model pelatihan seperti ini yang sangat diharapkan oleh mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Urimessing dan juga kepada LPTTG-Malindo yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk melatih kami guna mengubah bahan lokal mentah menjadi bahan jadi yang dapat dikonsumsi, karena kedepan kami berharap Pemerintah Negeri Urimessing pada waktunya dapat menindaklanjuti proses pelatihan ini agar kami dapat diberdayakan sesuai apa yang telah kami peroleh selama 5 hari ini” ujarnya di sela-sela pelatihan yang bertempat di Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Karang Panjang, Ambon, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga  Saksikan Penanda Tanganan Kontrak Pembangunan 3 Gedung MAN IC Halbar, Kakanwil Sampaikan 7 hal penting

Para peserta dari Negeri Urimessing juga telah berkomitmen untuk menindaklanjuti ilmu yang telah mereka dapatkan, untuk disampaikan kepada warga Urimessing, baik para ibu-ibu maupun generasi muda yang ada di Negeri Urimessing, sehingga mereka juga bisa mempunyai keterampilan untuk mengolah bahan pangan lokal menjadi bahan jadi untuk kepentingan Urimessing secara umum dan juga untuk setiap keluarga dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Di tempat terpisah, Pejabat Negeri Urimessing, Arthur Solsolay, S.TP, M.I.KOM mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon dengan menggandeng LPTTG-Malindo ini merupakan suatu nilai tambah bagi warga masyarakat Kota Ambon terutama bagi 5 peserta utusan Negeri Urimessing, karena itu harus diikuti dengan baik sehingga setelah selesai mereka dapat menjadi motivator bagi warga lainnya di Negeri Urimessing ini.

“Sebagai Pemerintah, tetap siap untuk membantu proses selanjutnya dalam bentuk apapun, baik secara kelembagaan dan personal, karena banyak bahan lokal yang tersedia di negeri ini, namun untuk mengolahnya sangat terbatas karena itu kelima peserta Urimessing ini benar-benar pada saatnya mampu membagi teori dan praktek yang telah didapatkan selama 5 hari ini kepada yang lainnya”, ujarnya.

Baca Juga  Brimob Polda Maluku Sterilkan Terminal dan Pasar Mardika Dengan Cairan Disinfektan

Dirinya menjelaskan, Negeri Urimessing mendapatkan kuota 10 orang, namun untuk tahap pertama diikuti 5 orang, 2 orang dari Desa Kusu-Kusu, 2 orang dari Desa Mahia dan 1 orang dari Desa Seri dan untuk tahap berikutnya ada 5 orang lagi yang dapat mengikuti pelatihan tentunya dari desa yang lain dan pelatihan ini dibiayai oleh Pemerintah Negeri Urimessing.

“Pelatihan yang diikuti 5 orang tahap pertama ini dibiayai oleh Pemerintah Negeri Urimessing, yang harus di berikan kepada penyelenggara pelatihan per peserta Rp.4.600.000,- jadi total dana desa yang diberikan kepada penyelenggara untuk tahap pertama ini sebesar Rp.23.000.000,- karena itu diharapkan peserta benar-benar mampu menterjemahkan sejumlah materi pelatihan yang didapat selama 5 hari ini”, harap Solsolay. (olof)

No More Posts Available.

No more pages to load.