6 Ciri-ciri Rumah Tangga yang Sudah Tidak Harmonis, Awas Jangan Diabaikan!

oleh -114 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Keharmonisan dalam rumah tangga memang menjadi salah satu unsur paling penting dalam menciptakan hubungan yang bahagia. Namun, tidak sedikit pasangan yang sudah menikah namun kehilangan unsur harmonis dan rasa bahagia dalam rumah tangga.

Lalu apa saja tanda rumah tangga yang sudah tidak lagi bahagia ini? Berikut 6 ciri-ciri rumah tangga yang sudah tidak harmonis:

1. Rumah Terasa Sepi

Rumah terasa sepi
Rumah Terasa Sepi/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Ciri-ciri rumah tangga tidak harmonis yaitu suasana rumah terasa sepi, canggung, dan tidak ditemukan kehangatan lagi. Kebersamaan kamu dan pasanganmu sudah tidak terasa menjadi suatu hal yang menarik.

Percakapan seperti tentang apa yang terjadi di tempat kerja dan aktivitas lain terasa seperti pertanyaan biasa. Bahkan, kamu dan pasanganmu lebih suka berbagi solusi atau meminta pendapat ke orang lain.

2. Menyukai Orang Lain

Menyukai orang lain
Menyukai Orang lain/Foto: Freepik.com/ViDIstudio

Jika kamu mulai menyukai orang lain selain pasangan kamu, maka kamu harus berhati-hati. Sebab, meski kamu memiliki rekan kerja yang rupawan ataupun orang yang dahulu pernah kamu taksir, kamu tidak akan tergoda. Bila kamu tergoda, tandanya kebutuhan fisik dan emosional kamu tidak terpenuhi dari hubunganmu dengan pasangan kamu saat ini.

Baca Juga  Warga Mutui Resah Karena Banjir Datang Setiap Musim Penghujan

3. Sering Bertengkar

Sering bertengkar
Sering Bertengkar/Foto: Freepik.com/Yanalya

Apabila kamu dan pasanganmu sering sekali bertengkar itu termasuk salah satu ciri-ciri rumah tangga yang sedang tidak baik-baik saja. Kamu harus memperhatikan komunikasi yang terjalin satu sama lain.

Sebab pertengkaran yang terlalu sering dapat disebabkan oleh perbedaan prinsip dasar atau komunikasi yang tidak tersampaikan dengan baik. Apabila pertengkaran terus berkelanjutan, lalu dimana letak cinta dalam rumah tangga?

4. Saling Menyalahkan

Saling menyalahkan
Saling Menyalahkan/Foto: Freepik.com/Yanalya

Jika kamu dan pasanganmu selalu saling menyalahkan, selalu merasa benar, dan tidak mau mengalah maka dapat memicu pertengkaran setiap saat. Karena sejatinya inti dari sebuah hubungan adalah saling memahami perbedaan dan mau menerima masukan dari pasangan. Namun, jika yang terjadi adalah sebaliknya dapat dibilang hubungan kalian tidak baik-baik saja.

Baca Juga  BNNP Maluku siapkan timah panas bagi pelaku narkoba

5. Malas Tampil Sempurna di Depan Pasangan

Malas tampil sempurna di depan pasangan
Malas Tampil Sempurna di Depan Pasangan/Foto: Freepik.com/Halayalex

Semakin lama usia pernikahan maka tingkat kenyamanan pasangan untuk terlihat sempurna akan semakin berkurang. Kamu harus hati-hati jika kamu seperti itu pasanganmu akan merasa tidak lagi dihargai.

Karena menjaga kebersihan dan penampilan tetaplah penting meskipun kamu sudah menikah. Sehingga pasanganmu tetap merasa dirinya adalah seseorang yang berharga.

6. Hilangnya Rasa Percaya Satu Sama Lain

Pelajaran Berharga dari Abusive RelationshipHilangnya Rasa Percaya Satu Sama Lain/ Foto: Freepik.com

Kepercayaan adalah aset penting dari pernikahan yang sehat. Jika sudah saling percaya maka tidak akan ada rasa curiga berlebihan setiap waktu terhadap pasangan.

Jika kamu merasa curiga tetapi pasanganmu tidak memiliki tanda-tanda bersalah, maka cobalah bicarakan baik-baik dan cari tahu penyebabnya. Dengan saling jujur dan percaya maka hubungan kalian akan baik-baik saja.

Baca Juga  Komitmen Berantas Narkoba Polres Kepsul Lakukan Tes Urine

Itu dia enam ciri-ciri hubungan sudah tidak harmonis lagi. Jika kamu mengalami salah satu dari yang disebutkan di atas, maka segeralah perbaiki dan cari solusinya. Karena keharmonisan rumah tangga merupakan unsur penting agar terjalinnya hubungan rumah tangga yang harmonis. Semoga bermanfaat ya!

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.