6 Ibadah yang Pahalanya Setara Haji, Apa Saja?

oleh -42 views

Haji adalah ibadah dengan pahala yang besar. Ternyata, ada ibadah yang pahalanya setara haji. Meski demikian, H. Brilly El-Rasheed, S.Pd dalam buku Al-Bait: Misteri Sejarah Ka’bah dan Hilangnya Di Akhir Zaman menjelaskan amalan-amalan yang berpahala seperti atau setara pahala haji tidak akan menghapus kewajiban haji.

Bila memang amalan ini setara dengan pahala haji maka tidak akan ada yang melaksanakan haji dan umrah sejak zaman Rasulullah SAW. Bahkan Nabi Muhammad SAW yang menunaikan amalan-amalan tersebut masih melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Mengutip dari buku Setia (Selagi Engkau Taat dan Ingat Allah) karya Yasir Husain inilah ibadah yang pahalanya bisa menyamai pahala seorang yang telah berhaji.

Baca Juga  3 Zodiak yang Bisa Jatuh Cinta ke Dua Orang Sekaligus

1. Melaksanakan Salat 5 Waktu

Bila ingin mendapatkan pahala yang besarnya menyamai pahala haji, tetapi belum diberikan kemampuan untuk bisa menunaikan ibadah haji, bisa dengan merutinkankan salat 5 waktu di masjid.

Tidak perlu menunaikan ibadahnya untuk mengganti pahala haji dan umrah, cukup niatkan sebagai mestinya yaitu niat ibadah salat wajib. Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فِي الْجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ = وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

No More Posts Available.

No more pages to load.