Ada Fase Bulan Baru, BMKG Imbau Warga Maluku Utara Waspadai Banjir Rob

oleh -10 views
Ilustrasi banjir rob di kawasan Pantura Jawa. Foto: Istimewa

Porostimur.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di pesisir Maluku Utara agar waspada dan siaga potensi banjir pesisir (rob) seiring adanya fenomena fase bulan baru pada 11 Januari 2024, hari ini.

Menurut BMKG, fenomena fase bulan baru dapat meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Maluku Utara yang meliputi, pesisir Buli, Morotai, Loloda, Gebe, Talibu Utara pada 11-13 Januari 2024.

“Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, Kamis (11/1/2024) di Jakarta.

Ia mengatakan potensi banjir rob ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Ia mengemukakan berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Ia menyebutkan, selain Maluku Utara, beberapa wilayah pesisir itu di antaranya pesisir Sumatera Utara, yakni di pesisir Belawan pada 9-16 Januari 2024, pesisir Sumatera Barat (pesisir Kota Padang, 10-12 Januari), pesisir Lampung (pesisir Teluk Utara Lampung dan Pesisir Teluk Bandar Lampung, 11-15 Januari).

Kemudian, pesisir Kepulauan Riau (pesisir Tanjung Balai Karimun, Pesisir Batu Ampar, Selat Kijang, Pesisir Tanjung Uban, Pesisir Dabo Singkep pada 12-16 Januari), pesisir Kalimantan Barat (pesisir Kendawangan dan pesisir Pontianak, 10-15 Januari), pesisir Kalimantan Timur (pesisir Balikpapan, 11 Januari), pesisir utara Jakarta (8-11 Januari), pesisir Jawa Tengah (Pekalongan, Semarang, dan Demak 13-19 Januari).

Selanjutnya, pesisir Jawa Timur (Pelabuhan Surabaya, pesisir Gresik, Lamongan, dan Tuban, Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo, Bangkalan Selatan, Kuanyar, Sampang, Kreseh, Pamekasan, dan Sumenep pada 9-13 Januari), pesisir NTT (pesisir Pulau Flores bagian utara-Pulau Alor, Pulau Sumba bagian utara, Pulau Timor-Pulau Rote pada 11-14 Januari).

Baca Juga  Ini Tren Baju Lebaran 2024, Siap-siap Berburu!

Pesisir Sulawesi Utara, (pesisir utara hingga timur Kepulauan Sangihe, pesisir utara hingga timur Kepulauan Talaud, pesisir timur Kepulauan Sitaro-Likupang, pesisir Bitung pada 15-17 Januari 2024) dan pesisir Papua, Merauke (Distrik Tabonji, Waan, Kimaam, Naukenjerai pada 12-18 Januari). (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News