Amankan HUT FKM/RMS, Polda Maluku terjunkan 473 personil

oleh -98 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Bulan April menjadi momok tersendiri bagi warga Maluku.

Pasalnya, di bulan ini kerap terjadi kegiatan ekstrimis yang mengarah pada peringatan HUT berdirinya Front Kedaulatan Maluku (FKM) dan diidentikkan dengan Republik Maluku Selatan (RMS).

Dan untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Front Kedaulatan Masyarakat/Republik Maluku Selatan (FKM/RMS), Rabu (25/4) nanti, 473 personil Polda Maluku diterjunkan di semua titik kerawanan di Maluku.

Ratusan personel Polda Maluku ini turut serta dalam apel pasukan Operasi Merah Putih Siwalima 2018, yang dilaksanakan dilapangan upacara, Letkol. (P) Ch Tahapary Tantui Ambon, Senin (23/4).

Link Banner

Kapolda Maluku,Irjen Pol Andap Budi Revianto,S.IK, bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Baca Juga  Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Dalam arahannya, Revianto menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Operasi Merah Putih Siwalima tahun 2018, berupa 4 sasaran yaitu pengamanan terhadap orang yang melaksanakan kegiatan, lokasi kegiatan, barang dan tempat.

”Saya harap agar semua personil yang akan melaksanakan Operasi Merah Putih Siwalima 2018, nanti agar harus tau dan paham dengan situasi dan obyek atau sasaran dalam operasi, minimal anggota harus mengetahui lokasi dan sasaran yg di anggap rawan, begitu juga bentuk dari sasaran barang yang akan kita antisipasi. Mari kita jawab tantangan kita ini dan kita buktikan bahwa Maluku memang aman,” ujarnya.

Menurutnya, Operasi Merah Putih Siwalima 2018 akan digelar tanggal 23 April-27 April 2018.

Baca Juga  Walikota Ambon: Dana Bantuan Gempa Bumi 2019 Segera Cair

Untuk itu, warga Maluku dihimbaunya tidak melakukan pelanggaran atau perbuatan yang menyimpang.

”Saat operasi, harus diantisipasi dengan baik, karna apa artinya kesuksesan kita melaksanakan operasi, namun ada anggota yang mengalami kecelakaan saat operasi.

Bagi personil yang tidak terlibat dalam Sprin Operasi, akan tetap siap sewaktu-waktu dibutuhkan di lapangan. Jangan sampai ada yang merasa tidak terlibat, lalu tidak mau tahu dangan situasi dan keadaan yang ada,” tegasnya.

Khusus kepada Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kapolres Seram Bagian Barat (SBB) serta Kapolres Maluku Tengah (Malteng), ditegaskannya untuk mengatur anggotanya dengan baik, sehingga yang melaksanakan operasi tetap jalan dan yang melaksanakan tugas kepolisian rutin juga tetap berjalan.

Baca Juga  Lanud Pattimura Maksimalkan Pencegahan Covied-19 Dengan Penyemprotan Objek Vital Lanud

”Sebagai Komandan, jangan hanya memerintah anak buah saja, namun harus menjadi contoh bagi bawahannya. Kesuksesan Operasi nanti ada di tangan kita sendiri selaku pelaksana lapangan. Mari sama-sama kita laksanakan Operasi Merah Putih Siwalima 2018 ini dengan baik,” pungkasnya. (keket)