Cuaca Buruk, BMKG Himbau Warga Untuk Waspada 

oleh -103 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Badan Meteorologi, Klimateologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Klimatologi Pattimura Ambon, melalui siaran persnya, menghimbau warga di wilayah kota Ambon dan beberapa kabupaten antara lain seperti, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Buru Selatan, agar waspadai cuaca buruk,

Release yang dikeluarkan di Ambon, Sabtu (8/6) ini menyebutkan, berdasarkan hasil analisa dari stasiun Klimatologi Seram Bagian Barat, juga mendukung bahwa curah hujan diperkirakan pada bulan Juni hingga Agustus, berada pada kategori menengah hingga tinggi.

Kepala Stasiun Klimatologi Pattimura Ambon, Ot Oral Sem Wilar, dalam siaran person tersebut menjelaskan, kondisi atmosfer di sekitar wilayah di Maluku, berdasarkan analisa satu minggu terakhir menunjukan keadaan yang cukup labil, disamping itu kelembaban udara lapisan bawah hingga atas mengindikasikan keadaan yang cukup basah, kecuali pada wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, akibat intrusi/dorongan udara kering dari Belahan Bumi Selatan.

Baca Juga  Inflasi year on year, Tual peringkat pertama nasional

Diperkirakan kondisi ini akan disertai fase basah, akibat dari aktivitas gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO), yang berada di wilayah Indonesia dalam satu minggu ke depan.

Link Banner

Berdasarkan analisa BMKG, kondisi hujan dengan intensitas sedang-lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat, berpeluang terjadi di wilayah kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Buru Selatan.

Angin dengan kecepatan diatas 25 knot atau 48 km/jam, berpeluang terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya.

Gelombang dengan ketinggian 1.25-2.50 m, berpeluang terjadi di Laut Seram, Perairan Utara Kep. Kai, Perairan Utara Kep. Aru

Gelombang dengan ketinggian 2.50-4.0 m, berpeluang terjadi di Perairan Selatan Ambon, Laut Banda, Perairan Selatan Kep. Kai, Perairan Selatan Kep. Aru, Perairan Kep. Tanimbar, Perairan Kep. Babar, Perairan Kep. Semata-Kep. Letti, Laut Arafuru.

Baca Juga  November 2019, Kota Ambon dan Kota Tual Alami Deflasi Sebesar 0,83 dan 0,46 Persen

BMKG menghimbau kepada masyarakat, agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, jalan licin/rusak, pohon tumbang, jarak pandang berkurang, serta potensi gangguan transportasi laut, darat dan udara akibat angin kencang dan gelombang tinggi. (andi)