Diduga Jadi Tim Sukses, KIPP Malut Bakal Lapor Ketua KPU Tikep Terpilih

oleh -245 views

Porostimur.com, Tidore – Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Maluku Utara mengkritisi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan yang pernah terlibat menjadi tim sukses.

KIPP menilai, bahwa Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan Randi Ridwan yang baru saja dilantik oleh KPU RI beberapa waktu yang lalu, rupanya pernah terlibat menjadi tim sukses salah satu kandidat di Pilkada Kota Tidore Kepulauan pada 9 Desember 2020 lalu.

“Randi Ridwan, diduga menjadi tim sukses Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Tidore, Cpt. Ali Ibrahim-Muhammad Sinen (AMAN) di Pilkada Kota Tidore Kepulauan pada 9 Desember 2020,” papar Devisi Investigasi dan Advokasi KIPP Maluku Utara Guntur Abd. Rachman, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga  Petugas Sita 9 Ekor Burung Dilindungi dari Kapal Milik Pertamina di Pelabuhan Wayame

Guntur mengkalim KIPP telah menemukan bukti Ketua KPU Randi Ridwan pernah terlibat aktif dalam tim sukses Pilwako 2020.

“Randi Ridwan ini, pernah menjadi Tim Sukses Cpt. Ali Ibrahim-Muhammad Sinen (AMAN) pada Pilwako Desember 2020 lalu. Jangan harap, bila Pilkada berjalan dengan demokratis dan hasilnya berkualitas, kalau penyelenggara Pemilunya tidak independen dan tidak berintegritas,” tegas Guntur, sapaan akrabnya.

Sebagaimana, kata dia, dalam aturan yang melarang anggota tim sukses untuk menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), diatur dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Umum, pasal 53 ayat (1).

No More Posts Available.

No more pages to load.