Dihantan Ombak 3 Meter, KM. Asiana Tenggelam di Perairan Minahasa Utara

oleh -91 views
Link Banner

@porostimur.com | Bitung: Dihantam angin kencang dan ombak setinggi 3 meter, Kapal Pancing Ikan Tuna, “KM Asiana”, tenggelam di perairan Minahasa Utara, Selasa (23/7).

KM Asiana yang bertolak dari dermaga Perikani Bitung, Senin (22/7/2019) kemarin, Pukul 21.00 Wita, tenggelam diposisi koordinat 0-00-000 lintang utara dan 125-07-000 lintang barat, tepatnya digaris khatulistiwa.

Meskipun nyawa mereka terancam, seluruh awak kapal selamat dari maut, sehingga mereka bisa selamat dan bisa berkumpul bersama-sama dengan anggota keluarga mereka.

Nahkoda KM Asiana, Jemmy Wowor ketika diwawancara sejumlah awak media menjelaskan, tenggelamnya KM Asiana sekitar Pukul 09.00 Wita.

Link Banner

Dalam perjalanan melaut kapal dihantam ombak besar dan angin kencang, sehingga menyebabkan salah satu papan di bagian lambung atas kapal terlepas.

Baca Juga  Kunjungi Petugas & Pasien Covid, Polda Maluku dan Polresta Gelar Bhakti Sosial Sambut HUT Bhayangkara

“Kemudian air laut masuk sampai ke lambung dan kemudi kapal. Melihat kapal akan tenggelam, saya perintahkan seluruh ABK memakai jaket pelampung dan menurunkan seluruh pakura-pakura yang akan dinaiki”, ungkap Wowor.

“Tidak ada benda berharga yang bisa kami selamatkan terkecuali hanya pakaian melekat dibadan. Pada intinya, hanya berdoa kepada tuhan agar kami semua bisa selamat dari maut”, sambungnya.

Sementara pemilik kapal, Mustamin Patanga menambahakan, musibah ini menjadi sebuah pelajaran bagi pihaknya sebagai pemilik kami.

“Saya sangat bersyukur semua awak kapal bisa selamat. Uang gampang didapat, namun nyawa manusia paling penting. Total kerugian berkisar 500 juta”, ujar Mustamin. (Dan)