Dinas Pendidikan Kepulauan Sula akan Berlakukan Sekolah Gratis, ini Penjelasannya!

oleh -189 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) berencana akan memberlakukan sekolah gratis di tahun 2022, dengan tujuan agar meringankan beban wali murid di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Rifai Haitami kepada media ini, Sabtu (7/8/2021).

“Sekarang saya berencana memberlakukan sekolah gratis di 2022,” katanya.

Menurut Rifai, pendidikan gratis ini dilakukan karena diketahui bersama bahwa sekolah SD dan SMP memiliki Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Kan ada dana BOS. Jadi, kita bisa berlakukan sekolah gratis,” jelasnya.

Rifai bilang, dana BOS bisa dipakai untuk dibelanjakan dengan tiga paket seragam sekolah, yaitu seragam merah putih, olahraga, dan pramuka.

Baca Juga  Dukung Palestina, Vokalis Pink Floyd Roger Waters Coret Tembok Pembatas Israel: 'No Thought Control

“Tahun depan siswa baru punya seragam sekolah sudah menjadi tanggungjawab pihak sekolah,” imbuhnya.

Rifai pun menegaskan, seluruh sekolah di bawah pengawasan Diknas tidak bisa melakukan pemungutan pada siswa, seperti pengambilan lapor di bayar, pengambilan ijazah di bayar.

“Sekolah tidak boleh pungut biaya dari siswa-siswi,” tegas Rifai.

Rifai menambahkan, untuk seragam sekolah hanya digratiskan pada sekolah SD dan SMP. Sebab, kedua lembaga tersebut mendapat dana BOS. Sementara, sekolah TK/PAUD tidak bisa digratiskan pakeian seragam.

“TK/PAUD tidak bisa kita gratiskan pakeian seragam, karena sekolah itu tidak mendapat dana BOS, mereka punya dana kan kecil, jadi kita tidak bisa kasih gratis, diluar dari seragam kita gratiskan,” pungkasnya.

Baca Juga  Neville Kritik Penanganan Rasialisme di Liga Primer

Kata Rifai, pendidikan gratis yang akan diberlakukan pada 2022, sesuai dengan visi-misi Bupati, Fifian Adeningsi Mus dan Wakil Bupati, Haji Saleh Marabessy. (am)

No More Posts Available.

No more pages to load.