Dukung Obi Terang, HARITA Nickel Mobilisasi dan Pasang PLTD

oleh -123 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: HARITA Nickel mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dalam mewujudkan Obi yang teraliri listrik 24 jam.

Dukungan kepada Pemda Halsel dilakukan dengan membiayai seluruh operasional mobilisasi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dari Pulau Taliabu dan memasangnya di Pulau Obi.

Program listrik 24 jam nonstop di Obi ini juga bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Bupati Halsel Usman Sidik secara resmi menerima bantuan dana dari HARITA Nickel untuk memobilisasi dan memasang PLTD tersebut di Pulau Obi.

Dana sejumlah Rp366.295.000 diserahkan secara langsung oleh Direktur Utama Trimegah Bangun Persada, Donald J. Hermanus yang mewakili Manajemen Harita Nickel. Penyerahan dilakukan pada Kamis, 24 Juni 2021 di Kantor Bupati Halsel.

Dengan bantuan tersebut, maka harapan warga Obi untuk menikmati listrik selama seharian penuh dapat segera terwujud.

Baca Juga  Relakan Saja & Laki-Laki Bae Jadi Tanda Kembalinya Beto Habibu

Menurut Bupati, HARITA Nickel sangat mendukung dalam program ini. Pihak perusahaan siap membantu hal apa saja yang dibutuhkan agar program Obi terang dapat segera terwujud.

“Ketika saya meminta dukungan kepada HARITA, mereka tidak menolak sedikit pun. Tidak ada tawar menawar. Langsung Ok. Itu hal yang luar biasa. Nanti warga Obi akan menikmati listrik yang menyala 1×24 jam atau seharian penuh,” jelas Bupati.

Saat penyerahan biaya operasional, Donald mengucapkan terimakasih kepada Bupati Halsel yang telah melibatkan Harita dalam membangun daerah, khususnya Obi. Donald berharap, dukungan ini dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Listrik ini akan sangat bermanfaat. Ekonomi sekitar akan lebih berputar. Proses belajar dan megajarpun akan lebih baik dengan adanya dukungan listrik. Dan juga kegiatan sosial keagamaan akan ikut menerima dampak positif. Manfaatnya luar biasa,” ujar Donald.

Baca Juga  Walikota Ambon Prihatin, Kekerasan Perempuan dan Anak Meningkat di Masa Pandemi

Menutup pertemuan, Usman juga mengungkapkan, telah banyak yang Harita lakukan dalam membantu atau mendukung Pemda Halsel.

“Hal ini patut kita apresiasi dan semoga ke depan semakin banyak program bersama yang bermanfaat untuk masyarakat Halsel, khususnya Obi. Kolaborasi baik ini harus terus berlanjut,” tutup Usman di depan wartawan Halsel.

Sebagaimana diketahui, saat ini warga Obi belum bisa menikmati aliran listrik seharian penuh. Terbatasnya fasilitas pembangkit listrik di Obi membuat sebagian besar warga hanya menikmati listrik kala malam hingga pagi menjelang.

Namun, dengan adanya sinergi yang baik antara Pemda Halsel, PLN, dan HARITA Nickel, penantian panjang warga untuk menikmati listrik dengan leluasa akan segera berakhir.


Tentang Harita Nickel
Harita Nickel merupakan bagian dari Harita Group yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Harita Nickel memiliki IUP dan juga pabrik peleburan (smelter) yang terintegrasi di Obi. Komitmen Harita Nickel dalam hilirisasi sumber daya alam ditunjukkan dengan beroperasinya smelter Megah Surya Pertiwi (MSP) sejak 2016 dengan memanfaatkan potensi nikel yang dikelola oleh Trimegah Bangun Persada (TBP) dan Gane Permai Sentosa (GPS) yang semuanya terletak di Pulau Obi.

Baca Juga  BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Wilayah Indonesia 10-17 Mei 2021

Melalui Halmahera Persada Lygend (HPAL), Harita Nickel juga telah memasuki tahap produksi pengolahan dan pemurnian nikel dengan teknologi hidrometalurgi High Pressure Acid Leach. Teknologi HPAL mampu mengolah nikel kadar rendah yang selama ini tidak diolah menjadi produk Mixed Hydroxide Precipitate (MHP). Dengan proses berikutnya dapat diolah menjadi Nikel Sulfat (NiSO4) dan Kobalt Sulfat CoSO4) yang merupakan bahan baku baterai kendaraan listrik. (adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.