Frank de Boer Undur Diri Dari Kursi Pelatih Timnas Belanda

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Amsterdam: Frank de Boer resmi mengundurkan diri sebagai pelatih tim nasional Belanda, setelah disingkirkan oleh Republik Ceko di babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Dalam pengumuman resminya yang dirilis oleh timnas Belanda, Frank de Boer mengatakan: “Setelah melakukan evaluasi, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan karier sebagai pelatih timnas. Tujuan kami tidak tercapai, itu sudah jelas.”

Sang juru taktik berusia 51 tahun mengundurkan diri kurang dari setahun setelah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun pada September tahun lalu. Ia mengambil alih kursi kepelatihan dari Ronald Koeman, yang memutuskan untuk melatih Barcelona kala itu.

“Ketika saya didekati untuk menjadi pelatih tim nasional pada 2020, saya menganggapnya sebagai suatu kehormatan dan tantangan, namun saya juga menyadari tekanan yang menunggu saya sedari ditunjuk, bahwa tekanan akan meningkat pada momen seperti ini, dan itu bukanlah situasi yang sehat bagi saya, atau pun skuat yang sedang berjuang di kualifikasi Piala Dunia,” lanjutnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang, tentunya para fans dan pemain. Pujian saya juga tertuju kepada manajemen yang telah menciptakan iklim keolahragaan luar biasa di kamp latihan.”

Baca Juga  Daftar Skuad Timnas Kroasia di Euro 2020: Luka Modric Jadi Andalan

Di bawah asuhannya, Belanda hanya menelan dua kekalahan dari 11 pertandingan di semua ajang sebelum bermain di Piala Eropa 2020. Ia pun mengawali turnamen dengan gemilang, usai menyapu bersih kemenangan di tiga laga babak grup dan lolos sebagai juara Grup C.

Namun Die Oranje dikejutkan oleh Republik Ceko di babak 16 besar. Mereka tidak mampu menciptakan peluang berbahaya di babak pertama hingga kewalahan karena kehilangan Matthijs de Ligt di awal babak kedua.

Gol Tomas Holes dan Patrik Schick pun menenggelamkan juara Piala Eropa 1988 tersebut, selagi Ceko melenggang ke perempat final untuk menghadapi Denmark.

(red/ligaolagraga)

No More Posts Available.

No more pages to load.