Kapolda Malut Kunjungi Korban Bencana Gempa di Halsel

oleh -48 views
Link Banner

@porostimur.com | Saketa: Polda Maluku Utara mengerahkan dua peleton pasukan dari Satbrimob, Ditsamapta dan tim “Trauma Healing” untuk membantu menangani para korban gempa 7,2 SR di Kabupaten Halmahera Selatan. Kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto saat meninjau langsung lokasi bencana.

Dalam kunjungannya itu, Kapolda Malut menyampaikan mekanisme pemberian bantuan makanan dan obat-obatan dikoordinir melalui posko bantuan.

Ada empat desa yang diprioritaskan mendapat bantuan yakni Desa Liboba Hijrah, Desa Yomen, Desa Kurunga dan Desa Yamli.

Menurut Suroto, masyarakat saat ini sangat menunggu bantuan dari pemerintah berupa sembako, makanan, air mineral, obat-obataan, tenda terpal dan kelambu.

Link Banner

Berdasarkan informasi BPBD Halsel, gempa 7,2 SR yang mengguncang Halmahera Selatan pada Minggu 14 Juli 2019, menyebabkan enam orang meninggal dunia, dua orang luka berat dan 49 orang luka ringan.

Baca Juga  No Time to Die Segera Rilis, Hans Zimmer Ganti Komposer

Kapolda Maluku Utara meninjau lokasi pengungsian ditemani Wakil Bupati Halsel, Iswan Karim, Sekda Halsel Helmy Botutihe, pejabat utama Polda Malut, unsur TNI, serta pimpinan instansi pemerintah lainnya.

Dalam keterangannya, Kapolda Malut menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan dalam penanggulangan bencana gempa bumi tersebut.

“Agar mekanisme pemberian bantuan makanan dan obat-obatan yang akan didistribusikan dan pemberdayaan bantuan perkuatan serta elemen masyarakat (relawan kemanusiaan) terkoordinir melalui posko sehingga tetap terkendali,” ungkap Kapolda Malut.

Polda Malut juga akan menyiapkan Tim Trauma Healing termasuk peran serta Bhayangkari untuk membantu penanggulangan korban gempa. (red)