Kisah Nabi Saleh AS dan Kaum Tsamud yang Sombong

oleh -31 views

Nabi Saleh AS diturunkan setelah masa kenabian Nabi Hud AS berakhir. Nabi Saleh diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Tsamud, salah satu keturunan dari Nabi Nuh AS.

Merangkum buku Cerita Terbaik 25 Nabi dan Rasul karya Wirawan Sukarwo, kaum Tsamud diberi kelebihan oleh Allah berupa fisik yang kuat. Mereka mampu mengukir dan memahat gunung-gunung berbatu sehingga menjadi indah.

Mereka juga diberikan kepandaian untuk mendirikan bangunan yang tinggi dan kokoh sebagai tempat tinggal. Kaum Tsamud hidup makmur di tanah yang subur, mereka bercocok tanam, memelihara hewan ternak dan hidup tanpa kelaparan.

Namun cara hidup kaum Tsamud jauh dari petunjuk Allah SWT. Kepandaian tersebut membuat kaum Tsamud menjadi sombong dan selalu membanggakan dirinya sendiri. Kaum Tsamud menganggap mereka adalah kaum yang paling hebat dibandingkan kaum-kaum lainnya.

Baca Juga  Begini Strategi Ekspansi dan Investasi Harita Nickel (NCKL)

Mereka menyembah patung dan berhala yang mereka buat sendiri. Senang mabuk-mabukan, berzina, membunuh, merampok, dan segala bentuk perbuatan yang jahat setiap hari. Hal itu karena mereka melupakan hukum Allah SWT dan menyembah selain kepada-Nya.

Allah SWT lantas mengutus Nabi Saleh AS untuk mengajak kaum Tsamud ke jalan yang benar. Lalu Allah SWT berfirman dalam surat Hud ayat 61:

No More Posts Available.

No more pages to load.