KM Jervai Berhasil Ditemukan, 100 Penumpang Selamat

oleh -45 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Operasi pencarian terhadap KM Jervai dengan 100 orang penumpang di dalamnya membuahkan hasil. Kabarnya, kapal yang mengalami mati mesin dan terombang-ambing di sekitar Perairan Tabarfane Kepulauan Aru, telah dievakuasi tim SAR ke darat. 

Kepala Kantor SAR Ambon, Mustari mengatakan, Tim SAR Gabungan mengevakuasi 23 orang penumpang yang terdiri dari wanita dan anak-anak. Selain itu juga Tim memberikan bantuan berupa Accu cadangan untuk dipergunakan dalam perbaikan kapal.

“KM Jervai berhasil diperbaiki dan melanjutkan perjalanan kembali menuju Kota Dobo dengan membawa 19 penumpang lainnya,” kata Mustari melalui keterangan tertulisnnya yang diterima, Ahad (12/9/2021.

“Dengan ditemukannya korban dalam kondisi selamat, maka operasi SAR resmi ditutup. dan seluruh unsur Potensi SAR dikembalikan ke satuannya masing-masing dengan ucapan erima kasih,” katanya.

Sebelumnya, tim Rescue Unit Siaga SAR Dobo beserta unsur potensi SAR dikerahkan menuju lokasi kejadiaan  guna melaksanakan Ops SAR pada koordinat 06°4′ 486″ S – 133° 55′ 748″ E, Jarak -+ 26 NM, dan Heading 222,92° arah Barat Daya dari Pelabuhan Dobo. 

Baca Juga  Lanud Pattimura Sosialisasikan SMA Pradita Dirgantara

“Sekira pukul 16.05 WIT, Kantor SAR Ambon menerima informasi dari Amos Gandakari yang melaporkan bahwa kapal yang dinaiki mengalami mati mesin dan sekarang terombang-ambing di sekitar perairan Tabarfane Kepulauan Aru. Tim sudah kita kerahkan untuk melakukan pencarian,” ungkap Kansar Ambon, Mustari dalam rilisnya.

Mustari menjelaskan, kapal jenis kayu tersebut dilaporkan memuat penumpang sekitar 100 orang, berangkat dari Desa Djerol pada pukul 07: 00 Wit hendak menuju Kota Dobo. Estimasi waktu tiba KM Jervai di Dobo diperkirakan sekitar pukul 13: 00 Wit namun karena cuaca buruk Kapal tersebut mengalami trouble engine. 

“Cuaca diselimuti hujan ringan, angin Timur Tenggara berkecepatan 15 knots, dan Ratas tinggi gelombang mencapai 2,5 M. Unsur SAR yang terlibat, Basarnas Unit Siaga SAR Dobo – 5 ABK KP 3002 Teluk Ambon Polairud Polda Maluku – 7,” pungkasnya. (nur)

Baca Juga  Hamil 6 Bulan Karena Terbui Janji Manis, Indri Malah Ditinggal Sang Kades

No More Posts Available.

No more pages to load.