Kunci Hubungan Langgeng: Stop Gengsi untuk Minta Maaf Duluan, yuk Lakukan 4 Cara ini Supaya Lebih Tulus!

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Dalam hubungan kadang kala ada saatnya kita dan pasangan berbeda pendapat. Namun kebanyakan pasangan malu untuk meminta maaf duluan karena gengsi dan merasa nggak bersalah.

Padahal, ketika keduanya mau sama-sama menurunkan ego, maka solusi dari setiap permasalahan bisa segera ditemukan.

Hal ini juga sebenarnya bukan hanya berlaku di hubungan dengan pasangan aja, melainkan juga dengan keluarga dan teman. Hanya saja, meminta maaf dengan pasangan cenderung lebih sulit bagi beberapa orang.

Apalagi jika pasangan sudah terlanjur marah atau ngambek, maka perlu cara yang tepat supaya suasana nggak semakin memburuk.

Kalau kamu juga sering merasa kesulitan dalam meminta maaf dengan tulus dan tepat kepada pasangan, simak 4 tips-nya di bawah ini yuk, Beauties!

Baca Juga  Bantu Penanganan Corona, 43 Anggota DPRD Maluku Sepakat Potong Gaji

1. Buang Gengsi dan Turunkan Egomu

Buang ego dan turunkan gengsi saat bertengkar dengan pasangan (Foto: freepik/rawpixel.com)
Buang ego dan turunkan gengsi saat bertengkar dengan pasangan (Foto: freepik/rawpixel.com)

Hal yang paling penting sebelum dapat meminta maaf dengan tulus yaitu buang gengsi sejauh mungkin dan turunkan rasa ego. Jika seterusnya kamu merasa selalu benar dan mewajibkan pasanganmu untuk meminta maaf duluan, maka hubungan akan terasa nggak nyaman.

2. Mengakui Kesalahan dan Penyesalan

Mau mengakui kesalahan dan penyesalan (Foto: freepik/rawpixel.com)
Mau mengakui kesalahan dan penyesalan (Foto: freepik/rawpixel.com)

Terlepas dari siapa yang salah, nggak ada salahnya kalau kamu mulai mengakui kesalahan terlebih dahulu. Sampaikan maafmu dibarengi dengan rasa penyesalan. Pastikan bahwa ketika meminta maaf, sebisa mungkin hindari alasan seperti menyalahkan orang lain ataupun alasan-alasan lain yang dapat memperkeruh suasana.

Baca Juga  Tiga Aktivis RMS Akhirnya Divonis Hakim Pengadilan Negeri Ambon

3. Bertanggung Jawab

Mau bertanggung jawab setelah melakukan kesalahan (Foto: freepik/lookstudio)
Mau bertanggung jawab setelah melakukan kesalahan (Foto: freepik/lookstudio)

Setiap melakukan kesalahan, pastinya ada konsekuensi yang harus kita terima. Oleh karena itu, coba lakukan sesuatu untuk memperbaiki kesalahanmu tadi.

Misalnya, jika kamu menyakiti perasaan pasanganmu dengan membentaknya, ucapkanlah maaf dan lakukan sesuatu yang dapat menghibur perasaannya. Karena bagi beberapa orang, kata maaf aja nggak cukup untuk mengobati rasa sakit hati.

4. Berjanji untuk Memperbaikinya

Jangan ulangi kesalahan yang sama kedepannya lagi (Foto: unsplash/freestocks)
Jangan ulangi kesalahan yang sama kedepannya lagi (Foto: unsplash/freestocks)

Memaafkan bukanlah perkara yang mudah apalagi jika kesalahan yang dibuat sudah berkali-kali terjadi. Maka dari itu, sekali kamu dimaafkan, berjanjilah kepadanya bahwa kamu nggak akan mengulanginya lagi. Pastikan juga bahwa omonganmu ini bukan hanya sekadar janji, tapi juga dibarengi aksi nyata.

Baca Juga  Ini 5 Organisasi Teroris Paling Berbahaya di Dunia yang Masih Aktif

Itulah 4 cara meminta maaf dengan tulus ke pasangan. Ingat, perihal minta maaf nggak harus memperhatikan siapa yang salah dan siapa yang benar. Karena kalau hanya fokus ke hal ini saja, maka nggak bakal ada yang mau mengalah dan akhirnya hubungan menjadi renggang.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.