Lancar, SMAN 4 Ambon selenggarakan UNBK pertama kali

oleh -95 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Meskipun terkendala sarana dan prasarana, namun penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari pertama di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Ambon berjalan dengan baik.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), SMAN 4 Ambon kali ini sudah bisa menyelenggarakan UNBK.

Hal ini dibenarkan Kepala SMAN 4 Ambon, Dra. Ny. H. Haurissa/L,M.Pd, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Senin (9/4).

”Tahun ini, kami melaksanakan Ujian Nasinal tidak lagi berbasis Kertas dan Pensil, tetapi sudah dengan UNBK. Walaupun ada sedikit kekurangan, tapi kami siap melaksanakan Ujian dengan baik,” ujarnya.

Link Banner

Diakuinya, dalam penyelenggaraan UNBK ini, pihaknya masih terbentur dengan beberapa kendala sarana dan prasarana.

Baca Juga  IAIN Games Siap Lahirkan Atlet Muda

Namun adanya kendala ini justru lebih memacu pihaknya untuk mempersiapkan penyelenggaraan UNBK yang lebih baik lagi.

”Untuk tahun ini  jumlah siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 331 orang yang terdiri  dari Kelas IPA 158 peserta, IPS 173 peserta. Kita pakai 3 ruangan,  yang ditempati oleh sesi pertama 110 siswa, sesi kedua, 110 dan sesi ketiga 111, yang terdiri dari ruang pertama 40 siswa ruang kedua 40 siswa dan terakhir 31 siswa,” jelasnya.

Mempersiapkan penyelenggaraan uNBK sendiri, tegasnya, pihaknya juga harus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

”Semua persiapan telah kami lakukan, hingga dibangun Kordinasi dengan pihak PLN, Dinas Pendidikan Provinsi Maluku agar semuanya tidak ada halangan. Pelaksanaan UNBK dilaksanakn 9 hingg 12 April untuk Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Mata pelajaran Pilihan,” tegasnya.

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Akpol dan Tamtama Polri T.A. 2020

Menurutnya, menghadapi even UNBK ini, syarat terpenting adalah bagaimana persiapan siswa yang dibantu pihak sekolah dan lingkungannya, sehingga pada waktunya dapat mengerjakan soal dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula.

Meskipun baru pertama kali menyelenggarakan UNBK, namun pihaknya sangat bersyukur karena sudah mampu menyelenggarakannya

Ditambahkannya, pihaknya hany bisa berharap para siswa mampu mengikuti ujian tanpa adanya hambatan dan pada waktunya bisa memperoleh hasil yang baik.

”Kita berharap seluruh siswa di Ambon, khususnya SMAN 4 dapat lulus dengan hasil yang memuaskan, bukan hanya sekadar lulus, tetapi hasilnya juga yang tidak mengecewakan,” pungkasnya. (febby sahupala)