Layani 246 peserta UNBK, SMAS Kristen YPKPM Ambon gelar 3 sesi ujian

oleh -100 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Satu di antara 20 sekolah menengah atas (SMA) dalam wilayah Kota Ambon yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni SMAS Kristen Yayasan Persekolahan Kristen Protestan Maluku (YPKPM) Ambon.

Untuk tahun 2018 ini, SMAS Kristen menyelenggarakan UNBK untuk 246 siswa yang terdiri dari 126 siswa dan 120 siswi.

Ratusan peserta UNBK ini, merupakan siswa dari Jurusan IPA dan IPS, yang diuji dalam 3 sesi, dimana sesi pertama 3 kelas berjumlah 30 orang siswa dan 1 kelas berjumlah 22 orang siswa, begitupun dengan sesi kedua dan ketiga.

Hal ini diungkapkan Kepala SMAS Kristen YPKPM Ambon, Dra. E. Laturiuw, M.Si, di sela-sela pembukan UNBK, Senin (9/4).

”246 siswa yang mengikuti UNBK dibagi dalam tiga sesi, sesi satu 82 siswa, sesi dua 82 siswa dan sesi tiga 82 siswa. Dengan pengawasan silang, pengawas dari SMA Negeri 2 Ambon, sedangkan  SMA Kristen mengawas pada sekolah lain. Karena kita satu rayon yang terdiri dari  SMA Negeri 2, SMA 45, SMA  Al-Hilaal, SMA PGRI 1, SMA Kalam Kudus,” ujarnya.

Baca Juga  Mirip KPK, Drama Korsel ini Berkisah tentang Kriminalisasi Lembaga Anti Rasuah

UNBK yang digelar selang 4 hari, jelasnya, yakni hari pertama untuk mata pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia, hari kedua Mapel Bahasa Inggris, hari ketiga Mapel Matematika.

”Sedangkan hari keempat Kamis lusa, mata pelajaran  pilihan untuk masing-masing jurusan yang berbeda untuk setiap anak,” jelasnya.

Sebelumnya, terangnya, hasil peserta UNBK tahun 2017 kemarin mencapai 100%.

Karena itu, pihaknya berharap UNBK tahun 2018 ini juga bisa mencapai hasil yang sama, dengan tetap mengusung motto ”Prestasi Penting, Jujur Nomor Satu”.

”Standar kelulusan tahun 2018 ini adalah 5,6 rata-rata nilai yang harus dicapai oleh siswa rata- rata untuk empat mata pelajaran, sementara standar tahun lalu 5,5. Jika ada siswa yang tidak lulus UNBK maka akan mengikuti ujian ulang tahun 2019 nanti. Soal fasilitas komputer untuk pelaksanaan UNBK tidak ada masalah karena  ada tiga server utama serta satu server cadangan,” tegasnya.

Baca Juga  Imparsial Khawatir TNI-Polri di BPIP Jadi Alat Politik Ala Orba

Sebelum para peserta UN memasuki ruangan, ratusan siswa didik ini terlebih dahulu dikuatkan spiritualnya dengan ibadah yang dipimpin Th. Ruhulessin,S.PAK, dengan mengambil pembacaan Alkitab dari MAzmur 126 ayat 1- 6.

”Tuhan tetap memberkati jerih payah orang yang berusaha dengan sungguh,” pungkasnya. (keket)