Maurits Tamaela Minta Pemkot Ambon Serius Tangani Dampak Bencana di Musim Penghujan

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Maurits Librecht Tamaela, berharap dalam kondisi curah hujan yang tinggi Pemerintah kota Ambon dapat menangani dampak bencana sehingga bisa terantisipasi dengan baik.

“Tentu bagi kami, kalau teman-teman bisa menyimak pandangan versi kami Nasdem kemarin kami menyinggung itu dan meminta kepada Pemerintah Kota Ambon, untuk serius untuk bisa menangani dampak bencana kemarin, baik itu rumah-rumah warga yang rusak ataupun fasilitas dan infrastruktur yang rusak. Minimal ada penanganan darurat atau penanganan awal untuk mengantisipasi kelanjutan dari pada dampak cuaca buruk ini,” ungkap Tamaela kepada Wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Jumat (7/8/2021).

Bahkan berkaitan dengan rumah-rumah warga yang kena dampak ini juga dari dinas terkait harus melakukan inventarisasi data dengan baik dan juga berkaitan dengan pengeluaran anggaran baik itu dari anggaran pemerintah kota atau pemerintah pusat.

Baca Juga  Arema FC Menang, Ini Klasemen Terbaru Liga 1 2020

“Dalam hal ini BPBD itu bisa terealisasi nantinya dengan permintaan untuk alokasi bantuan dampak bencana itu sendiri untuk sementara kami mengharapkan ada action yang serius yang lebih detail lagi dari pemerintah kota lewat SKPD atau PD terkait dalam hal ini BPD, Dinas Sosial bahkan Dinas Kesehatan karena ada di wilayah-wilayah tertentu ketika jadi banjir itu kan rawan kesehatan bagi masyarakat-masyarakat atau warga yang mengungsi dari wilayah-wilayah itu,” ujarnya.

Sehingga konsep dari pemerintah kota untuk penanganan pasca ataupun kejadian bencana itu bisa diminimalisir.

Dan kekhawatiran masyarakat ataupun kita semua, berkaitan dengan wilayah-wilayah ataupun yang memang juga rawan kejadian longsor dan juga banjir ini bisa terantisipasi . “Misalnya ada fasilitas umum yang rusak ya rusak sedikit harus kita antisipasi Jangan tunggu ada kelanjutan kerusakan lagi dan itu akan konsekuensi fatal lebih pada beban anggaran dan juga dengan fasilitas yang tidak bisa diakses secara baik, misalnya talud, jembatan itu harus diantisipasi,” paparnya.

Baca Juga  Menang Besar atas Lithuania, Timnas Italia Cetak Rekor Baru

Tamaela bilang, saya menyentil sedikit soal permintaan warga terhadap keberpihakan ataupun peranan DPR, tentu kami melakukan koordinasi Terus.

“Kalau kami di komisi 1 selalu, mitra Ya tidak menyombongkan diri dari awal pasca kejadian awal pun di berbagai sudut kota ini, kami melakukan komunikasi dan kami juga melakukan komunikasi internal dan eksternal dengan mitra itu, untuk melakukan tindakan bersama-sama melakukan penyebaran bagi teman-teman berbasis lokasi untuk turun ke wilayah-wilayah mendampingi dinas untuk bersama-sama dengan masyarakat,” jelas Fraksi NasDem.

Jadi kalau misalnya ada pandangan atau perspektif masyarakat terkait keberpihakan dewan di mana keberadaan dewan untuk ada di tengah masyarakat, kami kembalikan juga secara personal mungkin bagi teman-teman yang lain.

Baca Juga  Hadapi Corona, Italia Seperti Sedang Perang

Bagi kami di komisi yang membidangi bermitra dengan dinas terkait dalam kondisi itu kami intens, bahkan kami akan melakukan rapat internal karena seperti diketahui kita harus mengikuti aturan PPKM untuk membatasi rapat-rapat yang dengan volume lebih sehingga mungkin kita akan hadirkan beberapa OPD, penting untuk membicarakan hal-hal penting berkaitan kondisi bencana atau pun berkaitan kondisi pandemi.

“Kondisi iklim yang kurang bersahabat atau cuaca hujan yang dengan intensitas yang tinggi,
yang pertama, kami menghimbau untuk masyarakat tetap waspada dari pada dampak-dampak dan curah hujan yang lebih tinggi, sehingga longsor banjir dan segala terkait bencana harus diwaspadai,” harapannya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.