Muhammadiyah Pastikan Idulfitri 10 April 2024

oleh -15 views

Porostimur.com, Yogyakarta – Muhammadiyah telah lebih dahulu menetapkan Idulfitri 1445 H  yang jatuh pada Rabu 10 April 2024. Meski sudah memiliki keputusan,  Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan pihaknya menghormati jika ada perbedaan.

“Pimpinan Pusat mengucapkan selamat berbuka dan nanti selamat Idulfitri untuk seluruh kaum muslimin yang insyaallah Muhammadiyah akan ber-Idulfitri pada 10 April 2024 dan tampaknya Idulfitri akan sama dengan pemerintah. Kalau sama atau berbeda insyaallah kita sudah dalam fase saling memahami dan toleransi,” kata Haedar saat ditemui dalam acara Silaturahmi Ramadan 1445 H di kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (6/4/24).

Haedar berharap masyarakat tidak perlu bingung terkait dengan penetapan hari raya Idulfitri 1445 H, jika nanti pelaksanaannya sama, meskipun awal Ramadan 1445 H kemarin berbeda.

Baca Juga  Pernikahan Sesama Jenis di Halmahera Selatan Berujung Ricuh, Kemenag Malut Turun Tangan

“Kami harapkan masyarakat tidak perlu bingung, Ramadannya beda, tetapi Idulfitrinya sama, karena ada perbedaan cara penetapan,” lanjut Haedar.

Dalam usaha untuk menyatukan dan menyelesaikan masalah perbedaan ini, Muhammadiyah saat ini sedang mengampanyekan kalender hijriah global tunggal (KHGT).

Haedar menuturkan, KHGT ini diharapkan tidak hanya berlaku untuk Indonesia saja, melainkan juga untuk umat Islam di seluruh dunia, hehingga perbedaan-perbedaan yang terjadi tidak terulang kembali pada masa mendatang.

No More Posts Available.

No more pages to load.