Panen Bawang Merah, Bupati dan Wabup Halsel Akan Kita Cari Solusi Distribusi

oleh -142 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, bersama Wakil Bupati, Hasan Ali Bassam Kasuba menghadiri kegiatan panen bawang merah milik kelompok tani Desa Wayamiga, Kecamatan Bacan Timur, Jumat (6/8/2021).

Bupati Halsel dalam sambutannya mengatakan Pemda akan terus membantu petani termasuk petani bawang merah di Halsel.

“Kami akan bantu untuk mendapatkan solusi dari kendala distribusi setelah panen. Insya Allah, kalau bisa saya atau wakil bupati akan berkunjung sendiri ke kabupaten lainnya untuk menawarkan hasil panen kita,” tandasnya.

Usman bilang, kegiatan menanam bawang ini juga merupakan salah satu bentuk pemulihan ekonomi. Menurutnya, program pengembangan bawang merah Kabupaten Halmahera Selatan di tahun 2021 mendapat alokasi sebanyak tiga hektare.

“Saya berharap agar petani dapat melaksanakan program ini sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura”, harapnya.

Baca Juga  Andrea Meza dari Meksiko Raih Mahkota Miss Universe 2020

Sementara itu, Kadis Pertanian Halmahera Selatan, Agus Riyawan, dalam sambutannya mengatakan kegiatan menanam bawang merah ini merupakan bagian dukungan dari Program 100 hari kerja bupati dan wakil bupati yaitu pemulihan ekonomi juga mendukung ketahanan pangan pasca pandemi Covid-19.

“Bibit bawang merah yang ditanam ini merupakan varietas bauji, kami datangkan dari Surabaya dengan harga perkilo gram Rp.40 ribu,” cetus Agus

Di kesempatan itu, Kadis Pertanian juga melaporkan bahwa hasil panen petani bawang merah terkendala dalam distribusi pemasaran, maka dirinya meminta kepada bupati agar dapat membantu dalam pemasaran hasil panen kelompok tani.

“Kami pernah menanam 6 sampai 7 hektare dengan hasil panen 60 ton, sampai koordinator kami melakukan distribusi ke Kabupaten lain,” tambah Agus.

Baca Juga  Sanza Soleman "Hipnotis" Masyarakat Jailolo di Launching KPU Halbar

Hadir dalam panen raya tersebut, Sekda Halsel, Maslan Hi. Hasan, Kadis Pertanian Agus Riyawan, Kabag Protokoler dan KP, Hendra M.S Selang, camat beserta muspika Bacan Timur, Kepala Desa Wayamiga, penyuluh serta masyarakat tani. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.