Pemkab Malra Segera Lakukan Penyetaraan Jabatan Eselon IV

oleh -82 views
Link Banner

Porostimur.com | Langgur: Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan segera melakukan penyetaraan jabatan Eselon IV di jajaran pemerintahan setempat.

Hal ini disampaikan Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun melalui sembutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Yani Rahawarin dalam Apel Perdana yang dipusatkan di Pelataran Kantor Bupati Maluku Tenggara, Senin (17/5/2021).

Pada kesempatan apel tersebut, Bupati Thaher Hanubun mengatakan, akan melakukan penyetaraan Jabatan Eselon IV dalam jajaran pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara.

Penyetaraan ini dilakukan setelah mencermati berbagai perubahan penyelenggaraan pemerintahaan, terutama implementasi reformasi birokrasi.

“Saat ini sudah dirumuskan kebijakan penyederhanaan birokrasi, yakni melalui penyetaraan jabatan dari jabatan struktural ke jabatan fungsional,” ujarnya.

Baca Juga  Yayasan Artha Graha Peduli Bantu APD untuk Tim Medis di Maluku

Hanubun bilang, berdasarkan penegasan oleh Kemendagri dan KemenPan RB terkait penyederhanaan birokrasi, maka paling lambat akhir Juni 2021 sudah harus dilakukan penyetaraan jabatan dari Jabatan Struktural Eselon IV ke Jabatan Fungsional.

“Saya minta pengalihan Jabatan Eselon IV ke Jabatan Fungsional ini, tidak disalah artikan sebagai Jabatan ‘tidak berpengaruh’. Justru sebaliknya jabatan fungsional memiliki peran yang penting dan strategis karena keprofesionalannya sangat berdampak pada peningkatan kinerja organisasi,” tukasnya.

Thaher menjelaskan, upaya tersebut juga merupakan tindak lanjut dari pidato presiden pada Sidang Paripurna MPR RI Tanggal 20 Oktober 2019, yakni perlu dilakukan penyederhanaan birokrasi pada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.” Di mana pada tingkat kabupaten/kota dilakukan pemangkasan level struktur pemerintahan daerah menjadi hanya dua level.

Baca Juga  Lagi, Tiga Ohoi di Kei Besar Teraliri Listrik

“Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan memastikan bahwa penyetaraan jabatan ini tidak merugikan Pejabat Eselon IV yang nanti akan dialihkan,” katanya meyakinkan. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.