Protes Mahasiswa Pro-Palestina Menyebar ke Negara-negara Nordik

oleh -9 views
Mahasiswa pro-Palestina berdemonstrasi di luar Universitas Helsinki di Helsinki, Finlandia, pada 7 Mei 2024. Foto/Global Look Press/MAGO/Markku Ulander

Porostimur.com, Bern – Gelombang protes Pro-Palestina di kampus universitas seluruh Eropa dan Amerika Serikat (AS) menyebar negara-negara Nordik.

Di Finlandia, puluhan pengunjuk rasa dari kelompok solidaritas Mahasiswa untuk Palestina dilaporkan telah mendirikan perkemahan di luar gedung utama Universitas Helsinki.

Mereka menuntut lembaga tersebut memutuskan hubungan dengan universitas-universitas Israel, termasuk mengakhiri semua perjanjian pertukaran pelajar dan kerja sama penelitian.

Menurut para demonstran, universitas-universitas Israel, khususnya Universitas Tel Aviv dan Universitas Ibrani Yerusalem, telah terlibat dalam pengembangan teknologi senjata yang digunakan di Gaza dan dalam pelatihan personel militer bekerja sama dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

“Institusi pendidikan tinggi di Finlandia harus mengikuti jejak yang ada di Norwegia, di mana lima universitas memutuskan hubungan dengan Israel pada bulan Februari,” ungkap para mahasiswa. Mereka memperingatkan demonstrasi akan terus berlanjut sampai tuntutan mereka dipenuhi.

Baca Juga  Konflik Papua: Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Di Denmark, mahasiswa juga mendirikan perkemahan pro-Palestina di Universitas Kopenhagen. Sekitar 45 tenda dilaporkan telah dipasang di halaman luar kampus Fakultas Ilmu Sosial.

No More Posts Available.

No more pages to load.