Satgas TMMD Ke-110 Kodim 1503/Tual Beri Penyuluhan Lingkungan Hidup

oleh -15 views
Link Banner

Porostimur.com | Dobo: Bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BPLH) Pemkab Kepulauan Aru, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 Kodim 1503/Tual memberikan penyuluhan tentang Lingkungan Hidup yang berlangsung di kompleks Kampung Baru Kelurahan Siwalima tepatnya di lokasi pembangunan drainase oleh TMMD ke-110, Senin (22/3/2021)

Dalam kesempatan tersebut Danramil 1503-04/Jerol Kapten Inf Dody masawoy mewakili Dandim 1503/Tual Letkol Inf Mario Christian Noya menjelaskan, kegiatan penyuluhan ini, merupakan bagian dari program non fisik TMMD ke-110, yang bertujuan agar, warga Kota Dobo, khususnya di lingkungan RT 001,002,003,004 tetap menjaga kebersihan, sehingga drainase baru dibangun tidak tersumbat sampah ketika musim hujan.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk memupuk wawasan warga di lingkungan masing-masing untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan yang dapat mengelolah sampah secara baik atau membuang sampah pada tempatnya,” ujar Danramil.

Baca Juga  Masyarakat Desa Capalulu Minta Inspektorat Segera Keluarkan Hasil Audit

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Lingkungan pada BPLH Aru Bapak Zakarias Karatem menjelaskan, penyuluhan ini digelar dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam mengelola sampah, berdasarkan Perbup Nomor 19 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah.

Link Banner

“Lewat kegiatan ini, kita harapkan dapat menjadi suatu motivasi dan dorongan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan sehat,” ujarnya.

Kasie Pembinaan dan Pengelola Lingkungan ibu Dian Mayasari menambahkan, kegiatan penyuluhan ini, lebih difokuskan pada pengelolaan sampah rumah tangga.
“Sampah-sampah ini kalau tidak di kelola secara baik, akan berdampak buruk terhadap kesehatan maupun dapat menyebabkan lingkungan hidup yang tidak sehat,” tuturnya.

Olehnya, diharapkan agar masyarakat dapat mengelola sampah secara baik dan dapat membedakan, mana sampah yang dapat dikelola secara berkelanjutan guna menambah pendapatan ekonomi warga sendiri. (keket)