Sejarah Hari ini 3 September 1646, Kapitan Telukabessy Divonis Gantung VOC

oleh -99 views

Porostimur.com, Ambon – 377 tahun yang lalu, tepat hari ini, 3 September 1646, maskapai niaga Belanda, VOC menghukum pejuang asal Ambon, Maluku, Kapitan Ahmad Leikawa (Kapitan Telukabessy). Hukuman tersebut diberikan karena Telukabessy mampu memajukan seluruh Kerajaan Islam Tanah Hitu melawan Kompeni.

Sebelumnya, Kompeni diketahui mempunyai keistimewaan tersendiri dalam misinya menguasai perdagangan rempah-rempah di nusantara.

Perusahaan memiliki armada perangnya sendiri. Kekuasaan tersebut membuat Kompeni kerap memilih jalur perang untuk merebut wilayah tersebut. Perdagangan rempah-rempah dulunya merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan melimpah.

Narasi mengendalikan bumbu seperti menguasai dunia. Fakta ini membuat Perseroan tertarik. Mereka ingin menguasai rempah-rempah di nusantara. Semua itu karena Nusantara dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah yang berkualitas.

Baca Juga  Wali Kota Tidore Kepulauan Serahkan LPP APBD Tahun 2023 ke DPRD

Dari pala hingga merica. Kompeni awalnya bertindak sebagai pedagang yang sopan. Ia banyak melanggengkan kerja sama dengan pemerintah setempat. Kompeni juga menyadari bahwa niat mereka untuk menguasai perdagangan rempah-rempah tidak akan berhasil jika mereka terus bertahan dengan cara yang halus.

Rencana penaklukan wilayah nusantara pun dilanggengkan. Kompeni awalnya berpikir untuk membangun koloni. Jayakarta pun dipilih sebagai lokasi yang tepat. Perusahaan juga memainkan strategi merangkul. Setelah itu baru pukul.

No More Posts Available.

No more pages to load.