Serda Anyong Khatib Shalat Jum’at, Hikmah Idul Fitri: Kita Kembali Ke Fitrah

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Shalat Jum’at di Masjid An-Nur, Desa Laiwui, Kecamatan Obi. Serda Anyong pun ditunjuk untuk menjadi Khatib dan Imam Shalat Jum’at Nusin Sabuwalamo di Masjid An Nur Desa Laiwui, Jum’at (14/5/2021).

Shalat Jumat pertama di bulan Syawal, setelah melewati bulan suci Ramadhan dan kemarin telah dilaksanakan.

Dalam Khutbah Jum’at Serda Anyong membawa tema Hikmah Idul Fitri, Kita kembali ke Fitrah, bulan Syawal bulan yang salah satunya bulan istimewa di kalendar hijriah, dimana umat islam dunia bisa merayakan Idul Fitri setelah satu bulan berpuasa, yaitu puasa Ramadhan.

Yang selama itu juga kita berperang melawan hawa nafsu kita, karena memerangi hawa napsu adalh perang yang sangat dasyatnya seperti kata Rasulullah Muhammad SAW, saat para Sahabat dan Rasulullah kembali dari Perang Badar dimana umat Islam lagi berpuasa, dan hanya berkekuatan sedikit orang melawan bani Quraisy.

Allah SWT pun membantu dan ikut memerangi dengan memberikan kemenangan bagi umat Islam kalau itu.

Baca Juga  Tujuh Penumpang KLM Garuda Jaya Masih Hilang, Basarnas Palu Nyatakan Pencarian Ditutup

Sehingga kita pun diwajibkan membayar zakat fitrah untuk mensucikan diri kita,membayar zakat mal untuk mensucikan harta yang kita punya kepada anak yatim-piatu, kaum dhuafa, agar mereka pun bisa merasakan dan merayakan kemenangan seperti kita saat l idul fithri. jadi dihari penuhberkah mari kita saling memaafkan satu sama lain,” ungkap Serda Anyong saat memberikan khutbah Jum’at,

Salah satu masyarakat Desa Laiwui, La Edi sangat mengapresiasi Babinsa yang selama ini sudah membawa rasa aman dan nyaman karena kehadiran sosok Babinsa.

“Babinsa selama ini selalu memberikan suri tauladan yang baik untuk warga Laiwui. Babinsa selalu hadir di tengah tengah masyarakat desa, bergaul dengan semua umur baik anak remaja dan orang tua sekalipun,” ujarnya.

Baca Juga  Raup 62.348 Suara, Usman-Bassam Menangi Pilkada Halsel

“Kita lihat beliau menjadi Khatib shalat Jum’at dengan memberikan khutbah Jum’at dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dicerna tanpa menyinggung,” ungkap La Edi.

Shalat jumat yang dihadiri oleh Desa Laiwui, Kecamatan Obi pun berjalan lancar dan tertib. (adhy)